BolaSkor.com - Kesuksesan Lionel Messi menyabut trofi Ballon d'Or 2021 mengundang perdebatan. Toni Kroos dan Iker Casillas mempertanyakan kepantasan La Pulga meraih penghargaan tersebut.

Ballon d'Or merupakan salah satu lambang supremasi pemain terbaik dunia dalam satu kalender tahun. Untuk edisi 2021, Messi dianggap pantas meraihnya.

Kesuksesan Timnas Argentina di Copa America menjadi modal utama Messi untuk meraih gelar ini. Namun hal itu dianggap sebagian orang tak cukup.

Pada jangka waktu yang sama, ada sejumlah bintang yang lebih bersinar. Robert Lewandowski dan Jorginho menjadi dua di antaranya.

Baca Juga:

Lionel Messi Menangi Ballon d'Or Ketujuh, Cristiano Ronaldo Tak Masuk Lima Besar

Lionel Messi pun Setuju, Robert Lewandowski Layak Menangi Ballon d'Or

Cristiano Ronaldo Bantah Berambisi Lalui Raihan Ballon d'Or Lionel Messi

Lionel Messi

Hal inilah yang membuat Kroos gusar. Ia dengan tegas menilai Messi tak layak meraih Ballon d'Or 2021.

“Tidak diragukan lagi bahwa Messi, bersama Cristiano (Ronaldo) telah menjadi pemain terbaik dalam satu dekade terakhir. Namun tahun ini seharusnya ada pemain lain di depannya," kata Kroos di Podcast resminya.

"Ini sama sekali tidak pantas."

Pesaing Messi dalam perburuan Ballon d'Or 2021 adalah Lewandowski dan Karim Benzema. Sementara Ronaldo yang menjadi rival utama Messi harus puas duduk di peringkat kelima.

Kroos menilai Messi tidak lebih baik dari Ronaldo sepanjang tahun ini. Performanya juga tak maksimal di level klub.

"Bagi saya, Karim akan menjadi nomor satu jika Anda benar-benar mencari pemain individu terbaik tahun lalu. Saya dapat melihat dari jarak dekat betapa luar biasanya dia sebagai pesepak bola," tambahnya.

"Ketika saya melihat berapa banyak gol penentu yang dicetak Cristiano akhir-akhir ini, maka Cristiano juga berada di atas Messi."

Respons Casillas

Sikap Casillas lebih tegas lagi. Ia mempertanyakan kredibilitas penyelenggara pemilihan pemain terbaik dunia.

“Semakin sulit bagi saya untuk percaya pada penghargaan sepak bola. Messi adalah salah satu dari lima pemain terbaik sepanjang sejarah, tetapi Anda harus tahu bagaimana membuat daftar pemain paling luar biasa dalam satu musim," kicau Casillas di Twitter.

"Itu tidak terlalu sulit."

Ini bukan kali pertama Ballon d'Or yang diraih Messi mengundang perdebatan. Pada edisi 2010, Wesley Sneijder dianggap lebih layak karena mampu meraih gelar Liga Champions dan menjadi finalis Piala Dunia.