Langgar Protokol COVID-19, Presiden Lazio Diberi Sanksi Berat

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 27 Maret 2021
Langgar Protokol COVID-19, Presiden Lazio Diberi Sanksi Berat
Claudio Lotito, Presiden Lazio (Twitter)

BolaSkor.com - Pelanggar protokol COVID-19 atau virus corona mendapatkan sanksi yang berat di Italia dan itu berlaku untuk seluruh pihak, tak terkecuali klub sepak bola. Lazio dikabarkan terkena sanksi berat karena pelanggaran itu.

Sebagaimana diberitakan oleh ANSA Pengadilan Federal Nasional Italia menghukum Lazio karena melanggar protokol COVID-19. Presiden Lazio Claudio Lotito terkena sanksi tujuh bulan menjauh dari sepak bola, sementara dua dokter klub Fabio Rodia dan Ivo Pulcini disanksi 12 bulan.

Tak berhenti sampai di situ Lazio juga harus membayar denda sebesar 150.000 euro atau sekiranya Rp 2,5 miliar. Sanksi itu sebagai imbas dari kasus yang sudah diselidiki sejak Oktober lalu dan FIGC disinyalir akan segera memberi pengumuman resmi.

Baca Juga:

Liga Champions 2020-2021 bak Kiamat Kecil bagi Serie A

Lazio Disingkirkan Bayern, Inzaghi Tetap Bangga

Sepak Bola Italia Berduka, Gelandang Muda Lazio Meninggal Dunia

Lazio menerima sanksi berat karena pelanggaran protokol COVID-19

Lazio aman dari potensi pengurangan poin di Serie A, tapi mereka tetap akan mendapatkan sanksi berupa denda dan larangan. Pihak klub menegaskan akan melakukan banding terkait hal tersebut.

"Lazio, setelah pengumuman hukuman tingkat pertama dari keadilan olahraga, yang memberikan hukuman tujuh bulan bagi Presiden, 12 bulan untuk dokter klub dan denda 150.000 euro untuk klub, mengumumkan mereka akan mengajukan banding atas keputusan ini," demikian pernyataan dari Lazio.

Kronologi pelanggaran hingga awal penyelidikan

FIGC selaku Federasi Sepak Bola Italia sudah mulai melakukan investigasi sejak November lalu. Penyelidikan dilakukan setelah beberapa pemain Lazio dites dan positif COVID-19 jelang laga Liga Champions, tapi faktanya masih bermain di laga-laga Serie A.

Kendati tes yang dilakukan UEFA berbeda dari Serie A, Lazio tetap dituding gagal melaporkan kasus positif kepada pihak berwajib. Alhasil penyelidikan dimulai dan pusat latihan Lazio diperiksa hingga hasil tes swab diambil dari laboratorium klub.

Usai melakukan penyelidikan FIGC menilai Lazio melanggar aturan protokol COVID-19 dan kurang cermat dalam menegaskan protokol kesehatan. Ada dua pelanggaran besar yang dicatat.

Pertama Lazio urung memberikan isolasi mandiri selama 10 hari kepada pemain yang memiliki gejala COVID-19 dan justru membiarkan mereka memainkan laga-laga Serie A. Itu berpotensi menyebarkan virus corona.

Kedua adalah kegagalan melaporkan kasus positif COVID-19 kepada pihak berwenang setempat, alhasil tiga pemain yang dinyatakan positif masih bisa berlatih dengan rekan setim lainnya.

Breaking News Lazio SS Lazio Serie a Virus Corona
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan