Liga 1 Tetap Berjalan saat Piala AFF 2022, PSSI Minta Klub Legawa Lepas Pemain ke Timnas

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Sabtu, 19 November 2022
Liga 1 Tetap Berjalan saat Piala AFF 2022, PSSI Minta Klub Legawa Lepas Pemain ke Timnas
Skuat Timnas Indonesia saat menghadapi Singapura di Piala AFF 2020. (PSSI)

BolaSkor.com - Klub-klub Liga 1 diharapkan berkomitmen melepas para pemainnya ke Timnas Indonesia saat Piala AFF 2022 meski kompetisi tengah berjalan. Hal ini disampaikan oleh anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Endri Erawan.

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) biasanya meliburkan kompetisi ketika Piala AFF bergulir. Tujuannya supaya para pemain terbaik yang beredar di klub bisa memperkuat Timnas Indonesia. Di sisi lain, klub juga tidak dirugikan dengan pemanggilan pemainnya ke tim nasional.

Namun, untuk tahun ini, kebijakan tersebut terpaksa diubah. Sebab, Liga 1 sudah berhenti lebih dari satu bulan pasca tragedi yang terjadi usai laga Arema FC kontra Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, 1 Oktober lalu.

"Awalnya 'kan kami ingin (kompetisi) berhenti pada AFF, cuma ternyata kami kehilangan dua bulan kompetisi tidak bertanding," kata Endri Erawan.

"Kami juga takut kehilangan satu bulan lagi kalau (kompetisi ditunda) sampai AFF selesai. Nanti liganya enggak selesai-selesai. Pastinya kalau Liga 1 jalan akan ada benturan dengan AFF," tambahnya.

Baca Juga:

Exco PSSI Sebut Timnas Indonesia Berkandang di Stadion Patriot saat Piala AFF 2022

Menpora Bakal Komunikasi dengan Kapolri soal Izin Lanjutan Liga 1

PSSI Kebut Perpindahan Asosiasi Jordi Amat dan Sandy Walsh demi Timnas Indonesia

Karena itu, Endri berharap klub tetap berkomitmen melepas para pemainnya yang mendapat panggilan memperkuat Timnas Indonesia. Soal apakah akan ada pembatasan pemanggilan atau tidak, Endri menyebut kalau hal itu akan dibicarakan lagi dengan klub.

"Jadi ini komitmen klub. Masalah jumlah pemain yang dilepas berapa mungkin akan dibicarakan lagi, tapi yang jelas klub sudah tahu bahwa AFF ini (berlangsung) sampai Januari dan akan berbenturan dengan Liga 1," ujar Endri.

Jika mendapatkan izin dari otoritas terkait seperti pemerintah dan kepolisian, PSSI akan menggulirkan lanjutan Liga 1 mulai 2 Desember 2022. Rencana ini disepakati saat Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT LIB, Selasa (15/11).

Sementara itu, Piala AFF 2022 akan bergulir usai Piala Dunia 2022. Tepatnya pada 20 Desember dan berakhir di 16 Januari 2023.

Di Piala AFF 2022, Timnas Indonesia tergabung di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam. Kamboja akan jadi lawan perdana tim Merah-Putih pada 23 Desember. Setelah itu Timnas Indonesia akan bertemu Brunei (26/12), Thailand (29/12) dan Filipina (2/1).

Pssi Timnas Indonesia Liga 1 Endri Erawan Piala aff Piala AFF 2022 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.304

Bagikan