BolaSkor.com - Federasi sepak bola Argentina (AFA) mengambil keputusan untuk menghantikan roda kompetisi musim 2019-2020. Hal ini merupakan dampak dari pandemi virus corona.

Tercatat sudah ada 4.003 kasus virus corona yang terjadi di Argentina. Sebanyak 197 orang dinyatakan meninggal dunia.

“Semua kompetisi di musim ini akan dihentikan. Keputusan ini akan disahkan oleh komite eksekutif pada Selasa (28/4)," kata Presiden AFA, Claudio Tapia kepada TNT Sports.

"Kami hanya akan kembali ke lapangan ketika sudah ada lampu hijau dari petugas kesehatan."

Baca Juga:
Semua Harus Steril jika LaLiga Ingin Lanjut, Termasuk Bola dan Lapangan

Bundesliga Diklaim akan Mati Jika Tidak Dilanjutkan

Menteri Kesehatan Spanyol Tak Dukung LaLiga Dilanjutkan

Presiden AFA, Claudio Tapia.

Liga Argentina sebenarnya sudah menyelesaikan Primera Division pada awal Maret lalu. Boca Juniors keluar sebagai juara usai bersaing ketat dengan seteru abadinya, River Plate.

Primera Division baru separuh jalan dari musim 2019-2020. Setelah itu, klub-klub Argentina kembali berkompetisi dengan tajuk Copa Superliga.

Kompetisi ini dijadwalkan berlangsung pada 13 Maret hingga 31 Mei mendatang. Namun terpaksa ditangguhkan sejak 17 Maret karena peningkatan jumlah kasus virus corona di Argentina.

Selain membatalkan kompetisi, AFA juga meniadakan degradasi selama dua musim. Namun sisteme promosi tetap berlaku sehingga jumlah peserta kompetisi kasta tertinggi akan bertambah pada musim depan.

"Kami menghormati langkah-langkah yang diambil pemerintah dan kami harus mematuhinya. Ketika sepak bola terhenti, itu bukan keinginan pemimpin sepak bola Argentina, tapi Menteri Kesehatan," tambahnya.

Argentina menjadi negara kedua setelah Belanda yang menghentikan kompetisi dalam sepekan terakhir. Bukan tidak mungkin akan lebih banyak negara yang melakukan langkah serupa.