BolaSkor.com - Klub bersejarah Spanyol, Valencia, sudah lima tahun berada di bawah kepemimpinan pengusaha asal Singapura, Peter Lim. Di bawah kepemimpinannya, menurut Marca, Los Ches telah merekrut 52 pemain dan meminjam 16 pemain.

Valencia merupakan klub tradisional di Spanyol. Mereka bak istilah singa yang tertidur setelah terakhir menjadi juara LaLiga 2003-04 - ini jadi titel keenam LaLiga. Musim lalu, Valencia mampu mengejutkan publik kala memenangi Copa del Rey dan mengalahkan Barcelona.

Lim mulai membeli saham besar Valencia pada 2014 dan setahun kemudian, Amadeo Salvo, Presiden Valencia, mundur dari jabatannya dan Lim diangkat menjadi Presiden Valencia. Di bawah arahannya, Valencia telah merekrut 52 pemain dan meminjam 16 pemain.

Baca Juga:

Lee Kang-In, Justin Bieber di Sepak Bola Korea Selatan

Gaizka Mendieta Tak Sabar Nantikan Valencia di LaLiga

Rayakan Imlek, Inter Milan dan Valencia Rilis Jersey Khusus

Mateu Alemany dan Peter Lim

Dari 16 pemain pinjaman itu, hanya tujuh yang bertahan dengan status permanen. Valencia telah menghabiskan 450 juta euro untuk merekrut pemain di era Lim dan mendapatkan 300 juta euro dari penjualan pemain-pemain.

Beberapa nama yang dijual dengan harga tinggi adalah: Nicolas Otamendi (45 juta euro), Joao Cancelo (40,4 juta euro), Shkodran Mustafi (40 juta euro), Andre Gomes (35 juta euro), Neto (35 juta euro), dan Paco Alcacer (30 juta euro).

Sementara mengenai performa tim, Valencia terbilang inkonsisten karena dalam kurun waktu lima tahun terakhir, klub dilatih enam pelatih berbeda. Mulai dari Nuno Espirito Santo (2014-2015), Salvador Gonzalez "Voro (tiga periode), Gary Neville (2015-2016), Pako Ayestaran (2016), Cesare Prandelli (2016), dan kini dengan Marcelino Garcia Toral.

Nama yang disebut terakhir sejauh ini jadi pelatih dengan periode terpanjang melatih Valencia di era Lim. Marcelino, 54 tahun, berhasil dipertahankan di musim panas ini setelah sempat diisukan berselisih paham dengan petinggi klub.

Marcelino Garcia Toral

Marcelino nyaris pergi dengan Mateu Alemany, Direktur Olahraga Valencia, karena intervensi Lim soal transfer pemain. Kebiasaan Lim ini memang acapkali memicu konflik dengan pelatih dan juga Direktur Olahraga.

Beruntung bagi Lim, Marcelino dan Alemany tidak pergi dari klub di musim panas ini. Pasalnya jika Marcelino pergi, proyek yang dibangunnya dari 2017 akan kembali dimulai dari titik nol bersama pelatih baru.

Selama lima tahun di bawah pimpinan Lim, Valencia berhasil lolos tiga kali ke Liga Champions. Valencia menempati empat besar pada 2014-15, 2017-18, dan 2018-19 di bawah asuhan Santo dan Marcelino. Posisi terendah mereka adalah peringkat 12 pada musim 2015-16 dan 2016-17.