BolaSkor.com - Selama kurang lebih 17 tahun menjalani karier pesepak bola profesional, Lionel Messi sudah meraih segalanya dari pencapaian individu hingga trofi prestisius dengan klub dan juga timnas Argentina.

Beberapa di antaranya seperti enam Ballon d'Or, empat titel Liga Champions, dan 10 titel LaLiga. Sementara dengan timnas Argentina La Pulga memenangi Copa America 2021 - mengakhiri penantian titel dengan timnas.

21 tahun perjalanannya (dari La Masia) dengan Barcelona juga telah berakhir pada musim panas 2021. Kontraknya tak diperpanjang klub yang dililit masalah finansial dan Messi pergi dengan status free agents ke PSG (Paris Saint-Germain).

Messi memulai lembaran baru dengan PSG tapi usianya kini telah berumur 34 tahun. Cepat atau lambat Messi akan pensiun dan akan sangat menarik karier apa yang akan ditempuhnya jika pensiun nanti.

Baca Juga:

Skuad El Clasico Terakhir Tanpa Kehadiran Messi dan Ronaldo

Reaksi Ronaldinho Lihat Lionel Messi Ikuti Jejak Kariernya

Paceklik Gol, Lionel Messi Nilai Ligue 1 Lebih Sulit ketimbang LaLiga

Lionel Messi

Berbicara kepada Sport-English, Messi mengakui akan dengan senang hati kembali ke Barcelona dan mengisi satu jabatan di direksi. Messi ingin berkontribusi kepada klub yang telah membesarkan namanya tersebut.

"Ya. Saya selalu mengatakan bahwa saya akan senang bisa membantu klub (Barcelona)," tutur Messi.

“Saya akan senang menjadi sekretaris teknis di beberapa titik. Saya tidak tahu apakah itu akan di Barcelona atau tidak. Atau apakah itu akan terjadi di tempat lain."

“Jika ada kemungkinan, saya ingin berkontribusi lagi dalam apa yang saya bisa karena ini adalah klub yang saya cintai dan saya akan senang jika terus menjadi baik, terus berkembang dan terus menjadi salah satu yang terbaik di dunia."

Messi punya dua tahun durasi dalam kontraknya di PSG. Itu artinya ia akan bermain di sana hingga 2023 dengan opsi perpanjang setahun. Dengan asumsi Messi di PSG tiga tahun, kondisinya masih bugar, maka ia bisa pensiun di usia 37 tahun.