Liverpool dan Sekelumit Masalah Krisis Kiper di Awal Musim

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 17 Agustus 2019
Liverpool dan Sekelumit Masalah Krisis Kiper di Awal Musim
Alisson (Twitter)

BolaSkor.com - Juara bertahan Liga Champions, Liverpool, langsung dihadapkan pada sekemulit masalah krisis kiper di awal musim 2019-20. Masalah ini tidak diduga datangnya dan cukup menjadi sorotan khusus media-media Eropa, khususnya Inggris.

Runner-up Premier League 2018-19 hanya mendatangkan Sepp van den Berg (bek), Harvey Elliott (gelandang), dan Adrian (kiper), sebagai rekrutan anyar di musim panas ini. Nama yang disebut terakhir datang sebagai pengganti Simon Mignolet, kiper pelapis, yang hengkang ke Club Brugge.

Adrian datang untuk jadi pesaing sekaligus kiper kedua setelah Alisson Becker, kiper utama pilihan Jurgen Klopp. Pada awalnya semua berjalan baik sampai pada satu momen di pekan satu Premier League melawan Norwich City.

Liverpool menang telak 4-1 dan Alisson menjadi 'tumbal' kemenangan kala ia cedera betis dan digantikan dengan Adrian. Klopp mengonfirmasi Alisson akan absen selama beberapa pekan. Status Adrian seketika berubah jadi kiper utama.

Baca Juga:

Fakta Menarik Kemenangan Liverpool atas Chelsea di Piala Super Eropa 2019

Jurgen Klopp Konfirmasi Liverpool Tanpa Alisson Kontra Chelsea

Angka 38 yang Punya Arti Berbeda untuk Alisson Becker

Adrian

Hidup terasa seperti mimpi bagi Adrian. Dari West Ham United, Adrian kemudian jadi pahlawan kemenangan Liverpool di Istanbul ketika mengagalkan sepakan penalti Tammy Abraham, striker Chelsea, pada drama adu penalti di ajang Piala Super Eropa.

"Selamat datang di Liverpool, ini merupakan pekan yang gila. Namun, dengan rekan-rekan satu tim saya membuat segalanya menjadi lebih mudah," kata Adrian.

"Saya merasa sangat senang bisa bermain untuk Liverpool. Saya juga senang untuk para pendukung atas hasil ini (memenangi Piala Super Eropa)."

"Saya berusaha menghentikan Tammy Abraham ketika melihatnya. Saya memang menyentuhnya, tetapi hal itu memang telah dia inginkan," tambah dia.

Tapi, kemalangan Liverpool soal kondisi kiper mereka terus berlanjut. Adrian dikonfirmasi cedera oleh klub. Cederanya tidak parah, tapi, situasi itu membuat Klopp memikirkan dua opsi mengenai kiper yang akan dipilihnya di tengah situasi krisis kiper itu.

Caoimhin Kelleher dan Andy Lonergan

Caoimhin Kelleher

Kiper berpengalaman atau kiper muda minim pengalaman (tapi bisa jadi kejutan). Itulah dua opsi untuk dipilih oleh Klopp di kala Alisson dan Adrian cedera. Dengan asumsi Adrian belum pulih dari cedera, maka Klopp akan memilih di antara Andy Lonergan atau Caoimhin Kelleher.

Lonergan, 35 tahun, sudah matang pengalaman bermain di Inggris bersama Preston North End, Leeds United, Fulham, Wolverhampton Wanderers, dan Leeds United. Terakhir, Lonergan bermain di Rochdale sebagai kiper pinjaman Middlesbrough.

Sementara Kelleher produk akademi Liverpool dan berpaspor Republik Irlandia. Penjaga gawang berusia 20 tahun belum sekali pun bermain di level profesional, tapi, Kelleher sudah membela timnas Republik Irlandia U-21.

Andy Lonergan

Jadi, Klopp tinggal memilih dua opsi sementara di tengah krisis kiper yang dialami Liverpool saat ini. Lonergan dan Kelleher seharusnya bisa lebih tenang saat tampil karena mereka tahu ada Virgil van Dijk di lini belakang.

Breaking News Liverpool Jurgen Klopp Alisson Becker Kiper
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan