BolaSkor.com - Virgil van Dijk menjadi korban panasnya Derby Merseyside edisi pertama musim 2020-2021. Bek berkebangsaan Belanda itu hanya tampil selama enam menit saat Liverpool bermain imbang 2-2 dengan Everton di Goodison Park, Sabtu (17/10).

Laga dua rival sekota ini memang berlangsung sengit sejak awal pertandingan. Everton yang tengah dalam performa terbaik tampil ngotot untuk mengakhiri tren tak pernah menang atas Liverpool dalam sepuluh tahun terakhir.

Kengototan pemain Everton itu direspons dengan cerdik oleh Liverpool. The Reds bahkan mencuri gol cepat lewat sontekan Sadio Mane saat laga baru berjalan tiga menit.

Baca Juga:

Everton 2-2 Liverpool: VAR Gagalkan Gol Ketiga The Reds

Soal Gol Jordan Henderson yang Dianulir, Jurgen Klopp: Saya Tak Melihat Offside

Mohamed Salah Beri 100 Gol untuk Liverpool

Insiden cedera Virgil van Dijk

Petaka kemudian menghampiri Liverpool tiga menit berselang. Dalam sebuah kemelut di kotak penalti Everton, Van Dijk diterjang oleh kiper lawan, Jordan Pickford.

Akibat benturan tersebut, Van Dijk harus mendapat perawatan. Namun wasit tidak memberikan hadiah penalti dan menghukum Pickford meski sudah melihat VAR.

Padahal dari tayangan ulang terlihat lutut kanan Van Dijk sempat terkunci kedua kaki Pickford hingga terjatuh. Pemain berusia 29 tahun itu akhirnya tak bisa melanjutkan pertandingan dan diganti Joe Gomez pada menit kesepuluh.

Kehilangan Van Dijk meninggalkan lubang besar di pertahanan Liverpool. Terbukti Everton mampu mencetak dua gol lewat sundulan kepala Michael Keane dan Dominic Calvert-Lewin.

Kedua pemain tersebut dengan leluasa mampu memenangi duel udara di pertahanan Liverpool. Joel Matip dan Gomez yang menggantikan peran Van Dijk benar-benar terlihat lemah dalam mengantisipasi hal ini.

Jika dilihat dari tayangan ulang, Van Dijk mengalami masalah dengan lututnya. Ia terancam menghadapi salah satu hantu yang palingh ditakuti pesepak bola yaitu cedera ACL.

“Saya tidak tahu (seberapa seriusnya) cederanya (van Dijk), tapi itu tidak bagus," kata manajer Liverpool, Jurgen Klop di situs resmi klub.

Jika mengalami cedera ACL dan harus naik meja operasi, Van Dijk terancam absen sekitar delapan bulan. Itu artinya, ia tidak akan bisa bermain hingga musim 2020-2021 berakhir.

Hal ini tentu akan menggangu rencana Liverpool yang berambisi mempertahankan gelar Premier League. Van Dijk terbukti menjadi sosok yang tak tergantikan dalam kesuksesan Liverpool dalam dua musim terakhir.