Luciano Spalletti, Salah Satu Pelatih Terbaik di Dunia Saat Ini

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 19 Oktober 2022
Luciano Spalletti, Salah Satu Pelatih Terbaik di Dunia Saat Ini
Luciano Spalletti (@sscnapoli)

BolaSkor.com - Italia tak kehabisan bakat apabila itu kaitannya dengan pelatih. Selalu ada nama-nama menarik dari Italia dengan bakat kepelatihannya, seperti halnya Roberto Di Zerbi yang saat ini membesut Brighton & Hove Albion.

Bahkan nama-nama lawas pun masih bertaji saat ini seperti Roberto Mancini, Antonio Conte, Carlo Ancelotti, dan Luciano Spalletti. Nama yang disebut terakhir tengah jadi sorotan menyusul performa hebat Napoli.

Serie A 2022-2023 sudah berjalan 10 pekan dan Napoli duduk di puncak klasemen dengan 26 poin, hasil dari delapan kemenangan dua hasil imbang tanpa pernah kalah. Napoli, dengan Atalanta, jadi dua tim yang belum tersentuh kekalahan di Serie A.

Hebatnya lagi, Napoli juga tampil konsisten di Liga Champions dengan sapu bersih empat laga grup dengan kemenangan, meraih 12 poin di grup yang berisikan Ajax Amsterdam, Rangers, dan finalis musim lalu Liverpool.

Baca Juga:

Hasil Liga Champions: Barcelona Ditahan Inter, Liverpool Pesta Gol

Prediksi Arrigo Sacchi: Napoli Bisa Capai Semifinal Liga Champions

Daftar Tim yang Sudah Menyegel Tiket 16 Besar Liga Champions

Pencapaian Napoli sejauh ini layak diacungi jempol. Bagaimana tidak, Il Partenopei banyak ditinggal pemain senior seperti Lorenzo Insigne, Kalidou Koulibaly, Dries Mertens, dan Fabian Ruiz, tetapi mereka bisa menjaga level bermain dan bahkan tampil lebih baik lagi.

Tak heran apabila mantan bek AS Roma, Philippe Mexes, yang pernah dilatih Luciano Spalletti juga turut memberikan pujian kepadanya. Menurutnya Spalletti layak dapat predikat salah satu pelatih terbaik dunia saat ini.

"Mungkin, dia adalah pelatih terbaik yang pernah bekerja dengan saya dalam karier saya. Saya ingin mengatakan lebih banyak, bagi saya, dia adalah salah satu yang terbaik di luar sana saat ini. Dia mengurus setiap detail, dia sangat siap,” tutur Mexes kepada La Gazzetta Dello Sport.

"Dia bukan hanya ahli taktik yang hebat, tapi dia juga bisa menyampaikan tekad kuat dan kepribadiannya, membantu pemain memberikan yang terbaik."

"Spalletti memberi saya begitu banyak, dia membuat saya berkembang. Tanpa dia, saya tidak akan memiliki karier saya. Saya meningkat begitu banyak di bawahnya dalam setiap aspek."

Pengalaman dalam karier kepelatihan Luciano Spalletti juga banyak, dari Empoli, Sampdoria, Venezia, Udinese, Roma, Zenit Saint Petersburg, Roma, dan Inter Milan. Kariernya tidak diwarnai kesuksesan besar, tetapi kinerjanya saat ini layak diapresiasi.

Luciano Spalletti Napoli SSC Napoli Serie a Liga Champions
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan