Man United 3-1 Everton: Momentum Berlanjut, Red Devils Lolos ke Putaran Empat Piala FA

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 07 Januari 2023
Man United 3-1 Everton: Momentum Berlanjut, Red Devils Lolos ke Putaran Empat Piala FA
Manchester United 3-1 Everton (Twitter)

BolaSkor.com - Momentum bermain Manchester United berlanjut di awal tahun 2023. Teranyar di putaran tiga Piala FA yang dihelat di Old Trafford, Sabtu (07/01) dini hari WIB, Red Devils menang telak 3-1 atas Everton.

Jalannya Pertandingan

Erik ten Hag melakukan empat pergantian pemain dari tim yang menang 3-0 atas Bournemouth di Premier League. Ten Hag menerapkan taktik 4-2-3-1 untuk Manchester United dengan mengandalkan Antony, Bruno Fernandes, Marcus Rashford, Anthony Martial di lini depan.

Laga baru berjalan empat menit tuan rumah sudah bersorak kencang menyambut gol pertama Man United. Pergerakan Rashford menarik perhatian bek-bek Everton sebelum ia memberikan umpan silang mendatar, kemudian bola disambar Antony dan berbuah gol. Vitalii Mykolenko tak menjaga Antony dengan baik. 1-0 Man United unggul.

Everton tak banyak menciptakan peluang sampai peluang itu datang di menit 14. Berawal dari peluang yang diciptakan Neal Maupay dari sudut sempit, bola mengenai kaki David De Gea dan tidak disapunya dengan baik. Bola liar langsung disambar Conor Coady. Everton menyamakan kedudukan jadi 1-1.

Baca Juga:

Jack Butland, Rekrutan Pertama Manchester United pada Januari 2023

Kejar Arsenal, Pep Guardiola Tuntut Kesempurnaan dari Manchester City

Siap Pindah ke Klub Besar, Striker Fulham Lebih Cocok di Chelsea ketimbang Manchester United

Selepas gol tersebut Man United semakin gencar menyerang dan meningkatkan intensitas serangan. Everton bertahan dan mengandalkan serangan balik yang dimotori Demarai Gray, Amadou Onana, dan Maupay di lini depan.

Man United pun menciptakan cukup peluang mencetak gol dari Christian Eriksen, Rashford, dan Antony, tetapi gawang Everton yang dijaga Jordan Pickford aman dari kebobolan gol kedua. Skor akhir di babak pertama di antara kedua tim 1-1.

Di awal babak kedua Frank Lampard memainkan Abdoulaye Doucoure sebagai pengganti Alex Iwobi yang cedera. Semenit setelah Doucoure bermain pada menit 51, gol kembali tercipta di Old Trafford untuk tuan rumah.

Conor Coady, yang menjadi pahlawan Everton di babak pertama menjadi 'musuh', sebab ia mencetak gol bunuh diri pada menit 52 kala coba menyapu bola umpan mendatar yang dikirim Rashford ke tengah kotak penalti Everton. Pickford tak berdaya mencegahnya dan Man United unggul 2-1.

Everton tertinggal dan Lampard memainkan Dominic Calvert-Lewin di menit 69 menggantikan Maupay. Ten Hag juga menarik keluar Casemiro dan Martial, menggantikan mereka dengan Fred dan Alejandro Garnacho.

Everton meningkatkan intensitas serangan setelah tertinggal dan sedianya mencetak gol di menit 74 dari pemain pengganti, Calvert-Lewin. Akan tapi VAR menganulir gol tersebut karena Gray telah terlebih dahulu offside.

Man United coba mengamankan keunggulan dan Ten Hag mengubah formasi jadi tiga bek. Itu bisa dilihat dengan masuknya Lisandro Martinez, Harry Maguire, dan Scott McTominay, menggantikan Tyrell Malacia, Christian Eriksen, dan Antony.

Gaya bermain itu cukup efektif karena dengan serangan balik Man United kembali mencetak gol, tetapi bukan dari permainan terbuka, melainkan penalti tepat di menit 90+6.

Alejandro Garnacho dijatuhkan oleh Ben Godfrey di kotak terlarang dan wasit menunjuk titik putih. Rashford dengan tenang mencetak gol ke gawang yang dijaga kompatriotnya di timnas Inggris. Man United pun menang 3-1 dan lolos ke putaran empat Piala FA.

Susunan Pemain

Manchester United (4-2-3-1): David de Gea; Diogo Dalot, Raphael Varane, Luke Shaw, Tyrell Malacia (Lisandro Martinez 76'); Casemiro (Fred 71'), Christian Eriksen (Harry Maguire 83'); Antony (Scott McTominay 84'), Bruno Fernandes, Marcus Rashford; Anthony Martial (Alejandro Garnacho 71').

Pemain Cadangan: Tom Heaton, Victor Lindelof, Harry Maguire, Lisandro Martinez, Fred, Aaron Wan-Bissaka, Anthony Elanga, Scott McTominay, Alejandro Garnacho.

Pelatih: Erik ten Hag

Everton (5-3-2): Jordan Pickford; Seamus Coleman (Anthony Gordon 81'), Ben Godfrey, Conor Coady, James Tarkowski, Vitalii Mykolenko (Dwight McNeil 81'); Alex Iwobi (Abdoulaye Doucoure 51'), Idrissa Gueye, Amadou Onana; Neal Maupay (Dominic Calvert-Lewin 69'), Demarai Gray.

Pemain Cadangan: Asmir Begovic, Mason Holgate, Dwight McNeil, Dominic Calvert-Lewin, Anthony Gordon, Yerry Mina, Abdoulaye Doucoure, Tom Davies, Ellis Simms.

Pelatih: Frank Lampard

Manchester United Piala FA Everton
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.240

Bagikan