BolaSkor.com - Harry Maguire dituding menjadi biang kerok kegagalan Manchester United meraih poin penuh dalam lanjutan Premier League 2021-2022. Namun pemain berusia 28 tahun itu mencoba berkelit.

Manchester United hanya mampu bermain imbang 1-1 saat bertandang ke markas Burnley di Turf Moor, Rabu (9/2) dini hari WIB. Hasil ini membuat Setan Merah kembali terlempar dari empat besar.

Manchester United sebenarnya mengawali laga dengan baik. Tim asuhan Ralf Rangnick mengurung pertahanan Burnley dan membukukan tiga gol sepanjang babak pertama.

Baca Juga:

Hasil Pertandingan: Manchester United Ditahan Juru Kunci, Inter Milan ke Semifinal

Performa ala Jekyll and Hyde Man United Membuat Resah Fans

Ralf Rangnick Buka-bukaan soal Negosiasi Kontrak Paul Pogba

Namun hanya gol Paul Pogba pada menit ke-18 yang disahkan wasit. Sementara gol Raphael Varane dan bunuh diri Ben Me dianulir VAR.

Permainan Manchester United menurun drastis pada babak kedua. Kondisi ini dimanfaatkan Burnley untuk balik menekan.

Tuan rumah bahkan langsung menyamakan kedudukan hanya dua menit usai babak kedua dimulai. Jay Rodriguez menaklukkan David De Gea dari jarak dekat.

Meski begitu, banyak pihak menyalahkan Maguire dalam momen ini. Setidaknya ada dua kesalahan yang dilakukan penggawa Timnas Inggris tersebut.

Proses gol Jay Rodriguez

Maguire terlalu mudah dilewati oleh Wout Weghorst yang kemudian memberikan umpan terobosan kepada Rodriguez. Setelah itu, ia juga tidak melakukan tekel untuk mencegah gol tersebut terjadi.

Sebelum Rodriguez menembak, Maguire memang punya kesempatan melakukan tekel atau menutup ruang. Namun usaha kerasnya untuk melindungi gawang benar-benar tidak terlihat.

Maguire tak sepakat dengan tudingan tersebut. Ia menilai melakukan tekel sangat berisiko dihadiahi penalti dan kartu merah.

"Mengecewakan untuk menjadi penyebab kebobolan. Saat itu saya berstatus sebagai orang terakhir, jadi saya tidak ingin melakukan jegalan," kata Maguire usai laga kepada BBC.

"David de Gea hampir melakukan penyelamatan."

Pembelaan Maguire memang tak sepenuhnya salah. Risiko dihukum penalti dan kartu merah berpeluang membuat Manchester United meraih hasil yang lebih buruk.

Namun reputasi sebagai bek termahal dunia membuat ekspektasi kepada Maguire sangat tinggi. Ia harusnya bisa mencegah gol Rodriguez terjadi tanpa melakukan pelanggaran.