Manchester United Ajarkan Cristiano Ronaldo Pentingnya Kerja Sama Tim

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 11 April 2020
Manchester United Ajarkan Cristiano Ronaldo Pentingnya Kerja Sama Tim
Cristiano Ronaldo dan Mike Phelan (Twitter)

BolaSkor.com - Tak ada yang meragukan status Cristiano Ronaldo sebagai superstar sepak bola dan salah satu pemain terbaik dunia. Koleksi trofi, penghargaan individu, dan lima Ballon d'Or sudah berbicara banyak mengenai perjalanan kariernya.

Dari pemain yang senang menyisir sisi sayap, mendribel bola, Ronaldo menjadi predator kotak penalti lawan dan masih prima pada usia 35 tahun. Sebelum membela Juventus Ronaldo memperkuat Sporting Lisbon, Manchester United, dan Real Madrid.

Tiap klub mengalami fase berbeda dari perkembangan Ronaldo. Sporting (2002-03) menjadi tempat awal karier yang membuka gerbang ke klub top Eropa, lalu Man United (2003-2009) memaksimalkan bakat Ronaldo, dan Madrid (2009-2018) serta Juventus menikmati puncak karier Ronaldo.

Kunci perkembangan Ronaldo - selain dari mental baja dan semangat kerja keras yang dimilikinya - ada di Man United. Di bawah asuhan Sir Alex Ferguson megabintang asal Portugal menjadi 'monster' yang disegani pertahanan lawan.

Baca Juga:

Resep Bentuk Tubuh Ideal ala Cristiano Ronaldo

25 Percobaan, Kutukan Tendangan Bebas Cristiano Ronaldo Berlanjut di Juventus

Manchester United Ingin Cuci Gudang

Cristiano Ronaldo di Manchester United

Mantan asisten manajer Ferguson yang kini bekerja dengan Ole Gunnar Solskjaer, Mike Phelan mengakui United mengubah Ronaldo dari 'berlian muda' yang perlu diasah menjadi pemain penting yang bekerja sama dan berkorban untuk tim (kolektif).

"Ronaldo menonjol. "Dia seperti spons. Dia menginginkan lebih banyak (saran dari pelatih United). Dia menantang Anda untuk lebih baik lagi," papar Mike Phelan dilansir dari Goal.

"Kami harus mencoba dan membuat Cristiano menjadi pemain tim dan dia mendapatkannya. Pada akhirnya, dia mengerti. Ada hal-hal tertentu yang kami lakukan dalam pelatihan yang membuatnya melakukan hal-hal yang tidak ingin dilakukannya."

"Terutama ketika kesuksesan datang dan setelah dia pindah ke Real Madrid, ada beberapa hal - ketika mengamati pertandingan di Madrid - yang dia dapatkan di Manchester United."

"Dia menerjemahkannya sangat jauh hingga menuju tangga kesempurnaan. Itu penting dan ada kepuasan di sana," tambah dia.

Kendati demikian, menurut Phelan Ronaldo menjadi superstar seperti saat ini karena motivasi dan mindset (pola pikirn) yang bagus. Ronaldo selalu menuntut dirinya berada dalam kondisi terbaik.

“Saya tidak mengklaim telah menciptakan Cristiano Ronaldo. Banyak orang yang memengaruhinya. Tetapi pengaruh terbesarnya adalah dirinya sendiri - dorongannya sangat fantastis," pungkas Phelan.

Bersama Man United Ronaldo mencetak 118 gol dari 292 laga dengan raihan tiga titel Premier League, satu Liga Champions, dan meraih Ballon d'Or pertamanya pada 2008.

Breaking News Cristiano Ronaldo Manchester United Mike Phelan
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.234

Bagikan