Manchester United dan Cavani Legowo Terima Sanksi dari FA

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Jumat, 01 Januari 2021
Manchester United dan Cavani Legowo Terima Sanksi dari FA
Edinson Cavani (Twitter)

BolaSkor.com - Federasi sepak bola Inggris (FA) akhirnya menjatuhkan hukuman larangan bertanding selama tiga laga dan denda 100 ribu poundsterling kepada Edinson Cavani. Penyerang Manchester United itu dianggap bersalah karena mengunggah pesan berbau rasisme di media sosial.

Cavani memang sempat membalas pesan temannya dengan sapaan 'Negrito' di fitur Instastory Instagram. Momen itu terjadi dirinya menjadi pahlawan kemenangan Manchester United di kandang Southampton, akhir November silam.

Meski menggunakan kata 'Negrito' untuk menyapa temannya, FA tetap menganggap perilaku Cavani tersebut sebagai aksi rasisme. Hal itu karena dilakukan di ruang terbuka lewat media sosial yang bisa diakses semua orang.

Baca Juga:

Manchester United Tinggal Tunggu Liverpool Terpeleset

Louis Saha Ramal Juara Premier League: Liverpool Favorit, Man United Kandidat

Pepet Liverpool, Manchester United Belum Pikirkan Gelar Juara

Edinson Cavani

"Komentar yang diunggah di Instagram Edinson Cavani bersifat menghina, kasar, tak pantas, dan bertentangan dengan aturan FA pasal E3.1," bunyi pernyataan resmi FA.

"Postingan itu juga sebuah 'pelanggaran keras', yang didefinisikan dalam aturan FA pasal E3.2, karena mereferensi, baik tersurat atau tersirat, warna kulit dan atau ras dan atau asal suku."

Menariknya, Cavani menerima keputusan tersebut dengan legowo. Padahal ia punya hak mengajukan banding karena merasa tak bersalah.

Namun hal itu enggan dilakukan Cavani. Ia nampak tak ingin memperpanjang masalah yang bisa berefek bertambahnya masa hukuman.

"Saya ingin berbagi dengan anda bahwa saya menerima sanksi disiplin karena mengetahui bahwa saya asing dengan kebiasaan berbahasa Inggris, tetapi tidak berbagi sudut pandang," tulis Cavani di Instagram.

"Saya minta maaf jika menyinggung perasaan seseorang karena ekspresi kasih sayang terhadap seorang teman, tidak lebih dari itu niat saya. Mereka yang mengenal saya tahu bahwa upaya saya adalah selalu mencari kegembiraan dan persahabatan!"

Hal yang sama juga dilakukan Manchester United selaku klub yang menaungi Cavani. Setan Merah juga menerima hukuman FA dengan legowo meski berpotensi menggembosi kekuatan mereka.

"Meskipun jelas bahwa konteks dan niat adalah faktor kunci, kami mencatat bahwa Komisi Regulasi independen diminta untuk memberlakukan sanksi larangan tampil minimal tiga pertandingan," demikian bunyi pernyataan klub.

“Klub percaya bahwa Komisi Pengaturan independen akan menjelaskan alasan tertulisnya bahwa Edinson Cavani bukan seorang rasis, juga tidak ada niat rasis sehubungan dengan jabatannya.”

Hukuman untuk Cavani berlaku sejak keputusan dibuat. Itu artinya sang pemain akan absen saat ManchesteR United menjamu Aston Villa dalam lanjutan Premier League 2020-2021, Sabtu (2/1) dini hari WIB.

Cavani juga akan absen saat Manchester United melakoni semifinal Piala Liga 2020-2021 kontra Manchester City dan Watford dalam lanjutan Premier League. Pemain berusia 33 tahun itu baru diizinkan bermain kembali pada laga kontra Burnley pada 13 Januari mendatang.

Edinson Cavani Manchester United Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan