Membedah Rekor Pertemuan Graham Potter Kontra Pep Guardiola

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Kamis, 05 Januari 2023
Membedah Rekor Pertemuan Graham Potter Kontra Pep Guardiola
Graham Potter dan Pep Guardiola (Twitter)

BolaSkor.com - Duel Chelsea kontra Manchester City pada lanjutan Premier League 2022-2023 menjanjikan pertandingan menarik. Salah satunya karena bakal tersajinya adu taktik antara Graham Potter dan Pep Guardiola.

Pertandingan ini akan berlangsung di Stamford Bridge, Jumat (6/1), pukul 03.00 dini hari WIB. Manchester City sedikit lebih diunggulkan meski bertindak sebagai tamu.

Kualitas Guardiola sebagai manajer jempolan tak perlu diragukan lagi. Empat trofi Premier League yang diraih bersama Manchester City menjadi salah satu buktinya.

Baca Juga:

Pep Guardiola Bertahan Lebih Lama di Manchester City

Kejar Arsenal, Pep Guardiola Tuntut Kesempurnaan dari Manchester City

Alasan Sederhana Pep Guardiola Perpanjang Kontrak di Manchester City

Guardiola dikenal punya filosofi permainan yang khas. Ia tak ragu memaksimalkan penguasaan bola meski tampil di kandang lawan.

Sementara itu, Potter dianggap punya filosofi permainan yang serupa. Yang bersangkutan dalam beberapa kesempatan tak ragu mengakui Guardiola sebagai inspirasinya.

Meski begitu, Potter tak hanya mengandalkan penguasaan bola. Ia punya variasi taktik tergantung lawan yang dihadapi.

Hal inilah yang membuat pertandingan nanti menjanjikan tontonan menarik. Pecinta sepak bola tentu penasaran melihat taktik apa yang akan digunakan Potter untuk mengalahkan Guardiola.

Jika melihat rekor pertemuan, Guardiola terlihat sangat superior di hadapan Potter. Ia berhasil menang tujuh kali dari delapan kali beradu taktik.

Sementara Potter baru berhasil satu kali mengalahkan Guardiola. Momen itu terjadi saat Brighton & Hove Albion mengalahkan Manchester City dengan skor 3-2 pada pekan ke-37 Premier League 2022-2021.

Namun kemenangan tersebut kurang terasa berharga. Saat itu Manchester City telah dipastikan meraih gelar juara sehingga tak terlalu ngotot.

Dari delapan pertemuan tersebut, Potter memimpin tiga klub berbeda. Pertama kali ia masih menangani Swansea City saat takluk 2-3 dari Manchester City pada ajang Piala FA 2019.

Enam pertemuan selanjutnya, Potter sudah menangani Brighton. Semua duel kontra Manchester City terjadi di Premier League.

Sementara Potter juga sudah satu kali menghadapi Manchester City saat duduk di kursi manajer Chelsea. Itu terjadi pada babak ketiga Piala Liga Inggris, awal November silam.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Etihad Stadium tersebut, Manchester City menang dengan skor 2-0. Namun secara statistik, kedua tim cukup berimbang.

Hal ini menjadi sinyal Chelsea asuhan Potter punya kapasitas untuk mengalahkan Manchester City. Apalagi pertandingan nanti akan berlangsung di kandang mereka.

Chelsea dan Manchester City sama-sama gagal meraih kemenangan pada laga terakhirnya. Hasil tersebut membuat kedua tim harusnya tampil lebih ngotot untuk mendulang tiga poin.

Chelsea Manchester City Pep Guardiola Graham Potter Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan