BolaSkor.com - Klub asal Kepualauan Balearic ini sedang melakukan pembangunan kembali stadion mereka secara ekstensif, yang dijadwalkan rampung pada Januari 2024. Ada rencana bisnis yang matang untuk memanfaatkan stadion anyar.

Investasi tersebut terdiri dari peningkatan fasilitas, tribun penonton yang lebih dekat ke lapangan dan kursi baru yang lebih nyaman, ditambah area pengalaman dan keramahan baru, bersama dengan peningkatan keseluruhan dalam penjualan makanan dan minuman, akan meningkatkan pendapatan.

Selain itu, stadion juga dapat digunakan pada hari-hari lain sepanjang tahun berkat tambahan acara bisnis dan budaya yang akan semakin meningkatkan tingkat bisnis.

Sejak kelompok pemegang saham Amerika Utara mengambil alih saham mayoritas di RCD Mallorca enam tahun lalu, klub yang bermarkas di Kepulauan Balearic ini telah menjalani proses stabilisasi dan restrukturisasi di semua tingkat. Setelah periode ini, Alfonso Díaz, direktur bisnis klub, percaya bahwa “saatnya telah tiba untuk mempercepat pertumbuhan dengan rencana investasi tiga tahun, baik untuk sepak bola ataupun departemen bisnis”.

“Kami berkomitmen terhadap program Boost LaLiga, menyadari bahwa klub LaLiga meningkatkan fasilitas mereka sebagai cara untuk tumbuh secara keseluruhan, berdasarkan peningkatan masing-masing anggota,” kata Díaz, membahas pentingnya renovasi infrastruktur dan Boost LaLiga.

“Salah satu investasi utama kami dalam infrastruktur adalah dengan stadion, yang harus menjadi salah satu pilar untuk membuat klub ini tumbuh baik di tingkat olahraga maupun bisnis. Kami berharap stadion baru akan membantu menghasilkan atmosfer terbaik yang mampu mendorong tim menuju hasil pertandingan yang lebih baik dan dapat menghasilkan pendapatan baru untuk mendorong klub mencapai tingkat berikutnya.”

Baca Juga:

Biar Semua Senang, Muncul Ide Tukar Firmino dengan Depay

Hasil UEFA Nations League: Portugal Pesta Gol, Spanyol Tumbang

Pedri Canangkan Target Tinggi di Piala Dunia 2022

Membawa nyawa baru pada stadion

Pembangunan kembali Stadion Visit Mallorca, yang terdiri dari empat tahap dan diharapkan selesai pada Januari 2024, akan membawa perubahan yang hampir lengkap dari fasilitas dan filosofinya. Direktur menjelaskan: “Kami benar-benar berbicara tentang stadion baru, stadion dengan ruang yang belum ada sampai sekarang dan itu akan memberikan fasilitas kehidupan baru. Kapasitas stadion selalu menjadi bahan pembicaraan yang besar, tetapi kami telah mempertahankan jumlah kursi yang sangat mirip dengan apa yang ada di masa lalu, bergerak dari 23.000 menjadi 25.000 dengan terus terbuka untuk kemungkinan peningkatan lebih lanjut di masa depan, meskipun kami yakin kapasitas ini telah memadai.”

Proyek ini mencakup pembuatan tempat duduk baru di tingkat bawah yang sejajar dengan rumput dan dihubungkan dengan tingkat atas yang telah ada. “Ini secara resmi akan menghapus trek atletik yang sudah tidak digunakan selama beberapa tahun, sementara kami memiliki komitmen dari Dewan Kota Palma untuk membangun trek baru yang dekat dengan stadion,” tambahnya.

Para fans kini hanya berjarak 7,7 meter dari lapangan, dibandingkan dengan jarak 23 hingga 45 meter sebelumnya. Selain itu, akan ada perubahan total semua kursi di stadion untuk meningkatkan kenyamanan bagi para pendukung dan atap baru akan dipasang di tribun timur untuk melindungi sekitar 6.000 lebih penonton dari matahari dan hujan. Sementara itu, tribun utara akan menjadi jantung dan jiwa stadion, dengan pintu masuk baru di belakangnya yang akan dibangun area keramahan dan teras baru, yang menawarkan pemandangan unik pegunungan Serra de Tramuntana di Mallorca.

Menurut direktur bisnis RCD Mallorca, juga akan terdapat restoran di stadion yang beroperasi setiap hari. Selain itu, akan ada kantor tiket baru dan toko klub resmi baru juga. Ditambah lagi, “di tribun utama akan ada area keramahan baru yang menghadap ke lapangan dengan konsep dan pengalaman yang tidak akan terkalahkan pada hari pertandingan.”

Ruang yang dibuat di belakang tribun baru di sisi selatan akan digunakan untuk acara-acara dan akan menjadi tempat di mana keluarga dapat menikmati stadion dan pemandangannya setiap hari. Fitur baru lainnya adalah peningkatan pencahayaan di seluruh stadion, yang akan dibawa ke standar modern dengan pencahayaan LED ramah lingkungan.

Lebih dari sekadar keuntungan yang akan didapatkan oleh klub, proyek ini juga dirancang oleh dan untuk kota Palma. Dalam hal ini, Díaz mengatakan: “Kami menginginkan agar stadion baru untuk memliki ruang terbuka tanpa pembatas akses bagi kota dan masyarakatnya. Dalam ruang terbuka itu, akan terdapat tempat berkumpul yang dapat diakses oleh warga dan keluarga: di luar ruangan dan di dalam ruangan. Kedua tempat berkumpul dapat digunakan untuk beberapa olahraga, serta akan ada restoran dan fasilitas untuk warga. Itu harus menjadi titik referensi budaya di kota, dengan acara budaya, konser, dan banyak lagi yang akan diadakan.”

Hal yang paling penting bagi klub adalah keramahan lingkungan dari fasilitas-fasilitas stadion, yang ingin mereka integrasikan ke dalam lingkungan kota dan bergantung pada sumber daya alam. Sebuah contoh yang baik dari hal ini terlihat pada dua tangki air besar yang akan mengumpulkan air hujan untuk mengairi lapangan. Selanjutnya, seluruh fase pertama proyek terdiri dari penggunaan kembali bahan dari struktur yang telah tersedia dan daur ulang kursi penonton lama.

Meningkatkan pengalaman para fans melalui teknologi

Díaz menjelaskan bahwa pengalaman para fans di stadion harus ditingkatkan dengan menggunakan teknologi, itulah sebabnya RCD Mallorca sudah mulai menerapkan tiket musiman digital untuk menggantikan kartu plastik sebagai bagian dari upaya tanggung jawab lingkungan mereka. Díaz melanjutkan: “Kami sedang berupaya untuk memiliki stadion tanpa uang tunai, di mana penonton dapat memesan makanan dan minuman melalui ponsel mereka. Konektivitas adalah salah satu prioritas kami sehingga para fans, stadion, dan klub dapat berinteraksi melalui aplikasi yang disesuaikan.”

Lebih lanjut, ia mengatakan: “Kami akan memiliki layar raksasa baru di kedua ujung stadion untuk meningkatkan pengalaman dan kami akan memastikan itu terus menjadi lebih baik melalui elemen seperti Kiss Cam, grafik-grafik baru dan informasi pertandingan real-time yang lebih baik untuk para fans, sehingga mereka tahu apa yang terjadi dalam permainan. Kami juga akan memiliki pusat kendali baru yang mana semua bagian teknologi stadion akan dikelola.”

Terakhir, Díaz menekankan bahwa stadion harus menjadi tempat yang mampu mendatangkan pendapatan baru setiap harinya, sehingga klub “dapat tumbuh dan memiliki lebih banyak sumber daya untuk area sepak bola, karena ini akan memungkinkan kami untuk berinvestasi lebih banyak pada pemain dan sepak bola akar rumput (usia dini dan muda)”.

Selain berupaya untuk meningkatkan pendapatan pada hari pertandingan, klub juga ingin meningkatkan volume bisnis di sisa tahun ini dengan meningkatkan pengalaman tur stadion dan dengan menyelenggarakan acara bisnis, budaya, dan konser lainnya.