Menilik Skuad Belgia di Piala Dunia 2022: Pembuktian Generasi Emas

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 11 November 2022
Menilik Skuad Belgia di Piala Dunia 2022: Pembuktian Generasi Emas
Timnas Belgia (Twitter)

BolaSkor.com - Piala Dunia 2022 akan jadi Piala Dunia ke-13 yang diikuti timnas Belgia. Meski sudah cukup sering mentas di event akbar sepak bola dunia empat tahunan tersebut, Belgia tak pernah jadi juara dengan pencapaian terbaik pada 2018.

Kala itu Eden Hazard dkk menempati tempat ketiga setelah perjalanan mereka kandas di semifinal. Tak ayal Piala Dunia 2022 akan jadi ujian sekaligus - potensi - pembuktian dari generasi emas Belgia.

Bukan rahasia lagi apabila generasi emas dilabelkan kepada Belgia karena mereka punya bintang-bintang top Eropa yang berkarier di liga top Eropa, seperti halnya Thibaut Courtois, Kevin De Bruyne, Eden Hazard, dan Romelu Lukaku.

Baca Juga:

Menilik Skuad Timnas Australia di Piala Dunia 2022: Kombinasi Pemain Muda dan Senior

Menilik Skuad Jerman di Piala Dunia 2022: Kejutan dari Hansi Flick

Menilik Skuad Swiss di Piala Dunia 2022: Pengalaman Pemain Liga Top Eropa

Akan tapi usia mereka tidak lagi muda dan Piala Dunia 2022 akan jadi satu kans terakhir mereka untuk memberi pembuktian. Belgia ada di grup F bersama dengan Kanada, Kroasia, dan Maroko.

Kiper

Tiga kiper berusia 30 tahun dibawa Roberto Martinez ke Qatar yaitu Thibaut Courtois, Simon Mignolet, dan Koen Casteels. Di antara ketiganya kiper Real Madrid dengan 96 caps, Courtois (30 tahun) akan jadi pilihan utama.

Pelapisnya juga tidak buruk-buruk amat karena Mignolet punya pengalaman dengan 35 caps, serta pernah membela Liverpool. Tak ada masalah di posisi ini.

Bek

Piala Dunia 2022 bisa jadi yang terakhir untuk Jan Vertonghen dan Toby Alderweireld. Keduanya dibawa beserta Thomas Meunier, Timothy Castagne, Arthur Theate, Zeno Debast, dan Wout Faes. Tiga nama yang disebut terakhir merupakan pemain muda.

Pengalaman Vertonghen dengan 141 caps dan Alderweireld dengan 123 caps dapat menenangkan lini belakang Belgia. Mereka bisa jadi contoh bagi pemain-pemain muda, khususnya Debast yang baru berusia 19 tahun.

Gelandang

Axel Witsel, Kevin De Bruyne, Yannick Carrasco, Youri Tielemans, Leander Dendoncker, Hans Vanaken, Leandro Trossard, Charles De Ketelaere, dan Amadou Onana merupakan sembilan gelandang yang dibawa Martinez dalam skuad Belgia.

Di area ini De Bruyne akan jadi pemain kunci Belgia dalam menghadirkan kreativitas bermain, didampingi pemain berpengalaman lainnya seperti Witsel dan Carrasco. De Ketelaere dan Onana bisa jadi kejutan karena baru berusia 21 tahun.

Penyerang

Pada area ini Martinez menyertakan Eden Hazard, Dries Mertens, Romelu Lukaku, Michy Batshuayi, Thorgan Hazard, Jeremy Doku, dan Lois Openda. Lukaku belum sepenuhnya fit karena cedera akan tapi fakta tidak berbohong, ia penyerang terbaik yang dimiliki Belgia.

Kondisi Hazard pun tidak dalam performa terbaik bersama Real Madrid, tetapi sulit bagi Martinez mencoret kedua pemain berpengalaman dan berkualitas yang dimilikinya tersebut.

Skuad timnas Belgia di Piala Dunia 2022:

Kiper: Thibaut Courtois (Real Madrid), Simon Mignolet (Club Brugge), Koen Casteels (Wolfsburg)

Bek: Jan Vertonghen (Anderlecht), Toby Alderweireld (Antwerp), Leander Dendoncker (Aston Villa), Wout Faes (Leicester City), Arthur Theate (Rennes), Zeno Debast (Anderlecht), Yannick Carrasco (Atletico Madrid), Thomas Meunier (Borussia Dortmund), Timothy Castagne (Leicester City), Thorgan Hazard (Borussia Dortmund)

Gelandang: Kevin de Bruyne (Manchester City), Youri Tielemans (Leicester City), Andre Onana (Everton), Axel Witsel (Atletico Madrid), Hans Vanaken (Club Brugge)

Penyerang: Eden Hazard (Real Madrid), Charles De Ketelaere (AC Milan), Leandro Trossard (Brighton), Dries Mertens (Galatasaray), Jeremy Doku (Rennes), Romelu Lukaku (Inter Milan), Michy Batshuayi (Fenerbahce), Lois Openda (Lens)

Belgia Timnas Belgia Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Roberto martinez
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.220

Bagikan