Menilik Skuad Portugal di Piala Dunia 2022: Kesempatan Terakhir Cristiano Ronaldo

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 11 November 2022
Menilik Skuad Portugal di Piala Dunia 2022: Kesempatan Terakhir Cristiano Ronaldo
Timnas Portugal (Twitter)

BolaSkor.com - Enam tahun lalu, timnas Portugal keluar sebagai pemenang di Piala Eropa 2016 yang dihelat di Prancis. Portugal memenangi laga final melawan tuan rumah dengan skor 1-0 dan untuk kali pertama jadi juara Eropa.

Akan tapi ketika ajang itu berubah jadi Piala Dunia maka pencapaian terbaik Portugal adalah tempat ketiga pada 1966, atau tahun ketika Inggris jadi juara di depan pendukung mereka sendiri. Portugal tidak selalu jadi favorit juara, tetapi mereka punya Cristiano Ronaldo.

Megabintang berusia 37 tahun akan selalu jadi sorotan di mana pun ia bermain. Piala Dunia 2022 di Qatar dapat menjadi yang terakhir baginya, meski beberapa waktu lalu ia menuturkan ingin bermain sampai usia 40 tahun dan bermain di Piala Dunia 2026.

Baca Juga:

Menilik Skuad Timnas Australia di Piala Dunia 2022: Kombinasi Pemain Muda dan Senior

Profil Grup B Piala Dunia 2022: Inggris Favorit Tempati Urutan Satu

Profil Grup C Piala Dunia 2022: Ujian Perdana Argentina

Timnas Portugal berada di grup terakhir grup H bersama dengan Uruguay, Korea Selatan, dan Ghana. Siapa saja yang dipanggil Fernando Santos ke skuad Portugal?

Kiper

Posisi penjaga gawang utama akan ditempati kiper AS Roma, Rui Patricio. Kiper berusia 34 tahun punya 104 caps dan itu sudah di atas dua nama lainnya yang dibawa Santos, yakni Diogo Costa (Porto) dan Jose Sa (Wolverhampton Wanderers).

Costa dan Sa pelapis dari Patricio, tetapi dari segi pengalaman tidak banyak membantu sebab Costa baru punya tujuh caps dan Sa sama sekali belum memainkan debutnya.

Bek

Ronaldo bukan pemain tertua di timnas Portugal. Pasalnya Santos juga membawa bek berusia 39 tahun, Pepe, yang saat ini membela Porto. Pepe salah satu bek yang dibawa ke Qatar selain Danilo Pereira, Raphael Guerreiro, Ruben Dias, Joao Cancelo, Nuno Mendes, Diogo Dalot, dan Antonio Silva.

Menilik nama-nama tersebut Portugal jelas punya pertahanan yang bagus dan keseimbangan pas, baik itu dari segi pengalaman dan juga kualitas dalam bertahan serta bermain ofensif.

Gelandang

Bernardo Silva dan Bruno Fernandes akan menjadi kreator serangan Portugal di lini tengah. Kualitas dan pengalaman keduanya dibutuhkan Portugal untuk bertahan selama mungkin di Piala Dunia 2022.

Selain mereka berdua nama lain yang dipanggil adalah William Carvalho, Joao Mario, Ruben Neves, Joao Palhinha, Matheus Nunes, Otavio, dan Vitinha.

Penyerang

Sedari dulu Portugal sulit memiliki penyerang tengah murni seperti halnya Pauleta atau Nuno Gomes, tetapi uniknya tidak pernah kehabisan stok penyerang sayap. Ronaldo pun awalnya adalah winger yang kemudian bertransformasi jadi penyerang tengah.

Ronaldo akan memimpin lini depan Portugal dan penyerang lain yang dibawa Santos adalah Andre Silva, Joao Felix, Rafael Leao, Ricardo Horta, dan Goncalo Ramos.

Skuat timnas Portugal untuk Piala Dunia 2022

Kiper: Diogo Costa (Porto), Rui Patricio (AS Roma), Jose Sa (Wolverhampton Wanderers)

Bek: Joao Cancelo (Manchester City), Diogo Dalot (Manchester United), Ruben Dias (Manchester City), Raphael Guerreiro (Borussia Dortmund), Nuno Mendes (Paris St-Germain), Pepe (Porto), Danilo Pereira (Paris St-Germain), Antonio Silva (Benfica)

Gelandang: William Carvalho (Real Betis), Bruno Fernandes (Manchester United), Joao Mario (Benfica), Ruben Neves (Wolverhampton Wanderers), Matheus Nunes (Wolverhampton Wanderers), Otavio (Porto), Joao Palhinha (Fulham), Bernardo Silva (Manchester City), Vitinha (Paris St-Germain)

Penyerang: Joao Felix (Atletico Madrid), Ricardo Horta (SC Braga), Rafael Leao (AC Milan), Goncalo Ramos (Benfica), Cristiano Ronaldo (Manchester United), Andre Silva (RB Leipzig)

Ronaldo Cristiano Ronaldo Manchester United Portugal Timnas Portugal Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.251

Bagikan