BolaSkor.com - Sebuah keputusan berani dibuat pemerintah Prancis dengan mengizinkan laga uji coba Paris Saint-Germain (PSG) kontra Le Havre, Minggu (12/7) waktu setempat, dihadiri penonton. Tercatat, 5.000 penonton bersama Menteri Olahraga Prancis memenuhi Stadion Stade Ocean, tempat pertandingan ini berlangsung.

Keputusan ini cukup mengejutkan karena Ligue 1 musim 2019-2020 harus berhenti secara prematur pada akhir April lalu dan menobatkan PSG sebagai juara. Hal itu tak lepas dari kebijakan pemerintah Prancis yang melarang penyelenggaraan event olahraga hingga September mendatang.

Padahal liga-liga elite Eropa lain mampu melanjutkan kompetisi meski digelar tanpa penonton. Akibatnya, Ligue 1 dan pemerintah Prancis menuai banyak kritik karena dianggap terlalu cepat mengambil keputusan.

Baca Juga:

Daftar Klub Paling Banyak Dapat Hadiah Penalti di 5 Liga Top Eropa Musim 2019-2020

3 Pemain PSG Positif Terinfeksi Virus Corona

PSG Incar Sadio Mane, Liverpool Minta Kylian Mbappe

sejumlah suporter PSG yang menghadiri laga uji coba kontra Le Havre.

Tak sampai tiga bulan berselang, Prancis mampu menjawab kritikan tersebut. Mereka menjadi negara pertama dibanding para tetangganya yang berani menggelar pertandingan dengan penonton.

"Ini adalah kemenangan bagi sepak bola dan olahraga Prancis pada umumnya karena olahraga di Prancis dapat dilanjutkan hari ini pada pertengahan Juli dengan masyarakat," kata Menteri Olahraga Prancis, Roxana Maracineanu dilansir dari L'Equipe.

"Saya senang sekali sepak bola di Prancis bisa berlangsung dengan cara yang populer, yakni dengan kehadiran penonton di stadion. Kami adalah satu-satunya negara di Eropa Barat yang melakukannya."

Meski begitu, bukan berarti Prancis telah terbebas dari ancaman virus corona. Protokol kesehatan tetap diterapkan secara ketat dan jumlah 5.000 penonton juga menjadi batas maksimal.

Hal ini membuka peluang laga final Coupe de France dan Coupe de la Ligue digelar dengan penonton. Dua laga puncak piala domestik itu dijadwalkan berlangsung pada akhir bulan Juli.

PSG sendiri tampil digdaya pada laga uji coba kontra penghuni divisi dua tersebut. Tak tanggung-tanggung, Les Parisiens menang dengan skor telak 9-0.

Neymar, Mauro Icardi dan Pablo Sarabia masing-masing menyumbang dua gol. Sementara sisanya dicetak Kylian Mbappe, Idrissa Gueye, serta Arnaud Kalimuendo.