BolaSkor.com - Barcelona dan Ronald Koeman resmi berpisah. Blaugrana mendepak Koeman usai kalah 1-0 dari Rayo Vallecano. Lantas, bagaimana kisah Barcelona bersama Koeman? Berikut rangkumannya.

Kembalinya Koeman ke Barcelona berawal dari pemecatan Quique Setien sebagai pelatih kepala. Koeman yang ketika itu sedang menakhodai tim nasional Belanda menerima tawaran Barcelona.

Sejatinya, apa yang dilakukan Koeman termasuk berani. Ia datang ke Barcelona yang sedang sakit. Barca punya sejumlah masalah internal seperti keuangan. Meski demikian, Koeman tetap mau menerima tantangan.

Akhirnya, Koeman mulai menjabat sebagai pelatih Barca pada 19 Agustus 2020.

Baca Juga:

Resmi, Barcelona Pecat Ronald Koeman

Hasil Pertandingan: Man City Tersingkir, Inter Bangkit, Barcelona Kalah Lagi

Menanti Gelontoran Gol dari Memphis Depay

Laga debut Koeman adalah pada 27 September 2020. Ketika itu, Barca menjamu Villarreal pada laga pekan ketiga LaLiga. Koeman pun membawa Barca menang 4-0.

Hingga pada akhirnya dipecat, Koeman melakoni 67 pertandingan. Dari kesempatan itu, Koeman meraih rata-rata 1,96 poin per laga.

Pada musim debutnya, Koeman gagal mempersembahkan titel LaLiga. Barca hanya menempati posisi ketiga klasemen akhir. Barca tertinggal tujuh poin dari pemuncak klasemen, Atletico Madrid.

Meski demikian, Barca bukan tanpa gelar. Barca memenangi Copa del Rey. Lionel Messi dan kawan-kawan menekuk Athletic Bilbao di laga puncak.

Dalam perjalanannya, Koeman kerap merasakan kekalahan ketika bersua klub-klub besar. Barcelona kalah tiga kali dari Real Madrid. Selain itu, Barca juga tumbang di tangan Juventus dan Bayern Munchen. Barca di bawah asuhan Koeman meraih 40 kemenangan, 11 imbang, dan 16 kalah.

Dengan keuangan Barca yang terbatas, pergerakan Koeman dalam memboyong pemain menjadi terbatas. Pemain termahal yang datang pada eranya adalah Miralem Pjanic. Sang gelandang bergabung dari Juventus dengan mahar 60 juta euro. Sayangnya, Pjanic gagal memberikan dampak yang diinginkan.

Selain itu, Koeman juga memperkuat timnya dengan pemain Belanda yakni Memphis Depay dan Luuk de Jong.

Pada era Koeman, Barca juga kehilangan pemain paling penting dalam sejarah klub, Lionel Messi. La Pulga ogah bertahan dan memilih menuju Paris Saint-Germain ketika kontraknya berakhir.

Ronald Koeman juga memberikan kesempatan kepada sejumlah pemain muda Barcelona untuk unjuk gigi. Gavi, Pedri, Alex Balde, Ilaix Moriba, dan Yusuf Demir adalah deretan pemain muda yang coba diorbitkan Koeman.

Menariknya, Koeman juga sempat dikaitkan terlibat sejumlah masalah di Barcelona. Koeman dituding punya hubungan yang tak harmonis dengan Lionel Messi. Selain itu, pelatih 58 tahun tersebut juga terlibat perang dingin dengan sang presiden, Joan Laporta.

Kini, Ronald Koeman sudah mengakhiri masa bakti di Barcelona. Meskipun hanya sebentar, tetapi Koeman tetap punya beberapa lembar halaman dalam sejarah panjang Barcelona.