Mike Dean Klarifikasi Polemik Gol Marcus Rashford ke Gawang Liverpool

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Kamis, 25 Agustus 2022
Mike Dean Klarifikasi Polemik Gol Marcus Rashford ke Gawang Liverpool
Momen gol Marcus Rashford ke gawang Liverpool. (Twitter)

BolaSkor.com - Kemenangan Manchester United atas Liverpool diwarnai kontroversi terkait gol Marcus Rashford yang berbau offside. Polemik ini akhirnya mendapat tanggapan dari mantan wasit papan atas Premier League, Mike Dean.

Dalam laga yang berlangsung di Old Trafford, Selasa (23/8) dini hari WIB, Manchester United mampu mengalahkan Liverpool dengan skor 2-1. Hasil itu sekaligus mengakhiri tren buruk Setan Merah.

Manchester United membuka keunggulan lewat gol Jadon Sancho. Ia dengan tenang menceploskan bola ke gawang setelah sempat mengecoh pemain bertahan Liverpool.

Baca Juga:

Jadon Sancho dan Marcus Rashford, Senjata Utama Manchester United

Sikap Tegas Erik ten Hag Terkait Ketertarikan PSG kepada Marcus Rashford

Marcus Rashford Antusias Mulai Awalan Baru di Bawah Arahan Erik ten Hag

Rashford kemudian menggandakan keunggulan tuan rumah pada babak kedua tepatnya menit ke-53. Sebelum akhirnya Mohamed Salah memperkecil kedudukan di pengujung laga.

Rashford menaklukkan Alisson Becker dari jarak dekat usai mendapat umpan terobosan dari Anthony Martial.

Dari tayangan ulang, Rashford terlihat berada sedikit di depan bek terakhir Liverpool saat Martial ingin melepas bola. Namun VAR tetap memutuskan momen itu adalah onside.

Tak heran jika kredibilitas VAR mulai diragukan di Premier League. Dean yang kini bertugas di bidang yang sama akhirnya angkat suara.

Dean menegaskan Rashford akan dianggap berada dalam posisi offside jika menggunakan aturan yang lama seperti saat VAR pertama kali diterapkan di Premier League. Ketika itu penentuan posisi pemain ditentukan lewat bagian tubuh paling ujung di lapangan.

"Sebagai (petugas) VAR, saya memastikan semuanya akurat, lalu menguncinya. Ini tidak subjektif, ini faktual," tulis Dean dalam kolomnya di Daily Mail.

Dean pun berbagi cerita terkait cara kerja petugas VAR. Ia menjamin kesalahan teknis sangat kecil terjadi untuk menentukan posisi offside yang tipis seperti pada momen gol Rashford.

Pertama 'titik tendangan' saat rekan satu tim memainkan bola dikonfirmasi, lalu garis diletakkan. Kemudian garis satu piksel ke bek terakhir juga diletakkan dan satu lagi garis satu piksel ke penyerang pada titik yang paling dekat dengan gawang yang dapat digunakan untuk mencetak gol," tambahnya.

"Setelah terkunci, sistem kemudian akan berkedip hijau untuk onside atau merah untuk offside. Musim panas lalu, perubahan dilakukan sehingga jika garisnya tumpang tindih, itu onside."

Klarifikasi Dean ini harusnya mengakhiri polemik gol Rashford. Premier League memang terus berusaha menyempurnakan teknologi VAR demi mengurangi kesalahan.

Marcus Rashford Manchester United Liverpool Premier League Mike dean Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan