BolaSkor.com - Arsenal telah resmi menunjuk mantan pemain mereka pada periode 2011-2016, Mikel Arteta, sebagai manajer pengganti Unai Emery (yang dipecat) dan Freddie Ljungberg (manajer interim). Arteta, 37 tahun, dikontrak selama tiga tahun setengah.

"Ini merupakan kehormatan besar. Arsenal salah satu klub terbesar di dunia. Kami harus bersaing merebutkan trofi-trofi besar dan itu sudah sangat jelas bagi saya ketika berbicara kepada Stan (Kroenke) dan Josh Kroenke, serta orang-orang senior di klub," tutur Arteta di laman resmi klub.

"Kami semua tahu dibutuhkan banyak pekerjaan untuk mencapainya, tapi saya percaya diri kami akan melakukannya. Saya cukup realistis untuk mengetahui hal itu tidak terjadi dalam semalam, tapi skuat terkini punya banyak talenta dan ada banyak pemain-pemain muda datang dari akademi."

Baca Juga:

Mikel Arteta Ucapkan Selamat Tinggal, Cara Arsenal Bikin Marah Man City

Unai Emery, Freddie Ljungberg, Arsenal Kini Tunjuk Mikel Arteta sebagai Manajer Baru

Manchester City Restui Mikel Arteta Latih Arsenal

Kehadiran Arteta sebagai pelatih atau manajer menambah panjang daftar pemain-pemain Eropa, yang pernah menghiasi sepak bola era 90-an atau awal 2000-an, yang banting setir ke dunia kepelatihan.

Arteta menyusul nama top lainnya seperti Mauricio Pochettino, Zinedine Zidane, Xavi Hernandez, Fabio Cannavaro, Gennaro Gattuso, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Arteta juga termasuk salah satu mantan pemain Arsenal, yang pernah diasuh Arsene Wenger, yang kini menjadi pelatih atau manajer sepak bola. Wenger melatih Arsenal selama 22 tahun (1996-2018), jadi wajar saja jika mantan anak-anak asuhnya kini menekuni karier berbeda.

Entah sebagai pemerhati sepak bola, menjadi pengusaha, atau pelatih, mantan anak-anak asuh Wenger sama seperti Sir Alex Ferguson di Manchester United, kini coba mempraktikkan ilmu yang mereka dapat dari kedua manajer legendaris tersebut.

Termasuk Arteta, BolaSkor.com akan menjabarkan keempat eks anak asuh Wenger di Arsenal yang kini menggeluti dunia kepelatihan. Siapa saja?

1. Mikel Arteta

Mikel Arteta

Karier Mikel Arteta di dunia kepelatihan terbilang 'hijau'. Setelah pensiun bermain pada 2016, Arteta menjadi asisten manajer Pep Guardiola selama tiga tahun (2016-2019) di Manchester City.

Melatih Arsenal, klubnya sendiri, akan menjadi tantangan besar bagi produk akademi La Masia Barcelona itu. Arsenal bisa disebut berjudi merekrutnya sebagai manajer di saat Carlo Ancelotti, Pochettino, dan Massimiliano Allegri, pelatih-pelatih yang lebih berpengalaman menganggur.

2. Patrick Vieira

Patrick Vieira

Mantan kapten Arsenal yang bermain di klub dari medio 1996-2005 sudah memulai karier kepelatihan sejak tahun 2016. Patrick Vieira memulainya di luar Eropa, yakni kala melatih New York City hingga tahun 2018.

Baru di tahun 2018 perjalanan Vieira dengan klub Eropa pertama yang dilatihnya terjadi di tanah kelahirannya, Prancis. Vieira melatih Nice menggantikan Lucien Favre yang pergi ke Borussia Dortmund.

Mantan pemain AC Milan, Arsenal, Juventus, Inter Milan, dan Manchester City itu sempat diisukan melatih Arsenal sebelum Arteta datang. Di masa depan, bisa jadi pelatih berusia 43 tahun kembali ke London Utara.

3. Thierry Henry

Thierry Henry

Pengalaman striker ikonik Prancis dan legenda Arsenal ini sebagai pelatih juga minim. Thierry Henry baru mulai menjadi asisten pelatih timnas Belgia pada 2016-2018 di bawah arahan Roberto Martinez.

Selama semusim Henry melatih klubnya sendiri, AS Monaco, pada musim 2018-19. Tapi, situasi tak berjalan baik dan Henry dipecat kala musim belum rampung. Kini, pelatih berusia 42 tahun diberi kepercayaan membesut Montreal Impact.

4. Tony Adams

Tony Adams

Mantan kapten dan bek legendaris Arsenal. Tony Adams pernah dilatih Wenger dari 1996 hingga 2002 di Arsenal dan memulai karier kepelatihan pada 2003, setahun setelah dia pensiun.

Adams mulai melatih Wycombe Wanderers selama semusim, lalu vakum melatih sampai kembali bekerja pada musim 2008-09 sebagai manajer Portsmouth. Adams, entah bagaimana, kemudian melatih klub Azerbaijan, Gabala, pada musim 2010-11.

Dengan CV kepelatihan yang singkat tersebut, Adams terakhir kali melatih terjadi pada 2017 di klub LaLiga, Granada. Tapi, Adams gagal menyelamatkan tim dari jerat zona degradasi dan tak melanjutkan pekerjaannya di sana. Kini dia lebih banyak menghabiskan waktu sebagai pemerhati sepak bola.

5. Freddie Ljungberg

Freddie Ljungberg

Lelaki asal Swedia berusia 42 tahun lebih banyak menghabiskan waktunya sebagai asisten pelatih atau manajer. Freddie Ljungberg menjadi asisten pelatih di Wolfsburg (2017), Arsenal musim ini (2019-20 sebelum Emery dipecat).

Selain menjadi asisten pelatih, Ljungberg diberi kesempatan belajar melatih di tim muda Arsenal U-15 dan U-23. Pasca Emery dipecat, Ljungberg menggantikannya untuk sementara waktu sebelum Arteta resmi diangkat jadi manajer klub.