BolaSkor.com - Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan merupakan salah satu edisi paling berkesan dari pesta kejuaraan sepak bola empat tahunan terbesar di jagat raya. Salah satu buktinya bisa dilihat dari sajian pada laga pembuka.

Awalnya banyak pihak meragukan Afrika Selatan bisa menjadi tuan rumah yang sukses. Selain karena pertama kali digelar di benua Afrika, persiapan menuju turnamen juga dilalui dengan banyak kendala.

Namun semua keraguan itu sirna saat upacara pembukaan berlangsung pada 11 Juni di Stadion Soccer City, Johannesburg. Stadion berkapasitas 94.807 tempat duduk tersebut penuh sesak dengan suporter tuan rumah.

Baca Juga:

Ketika Piala Dunia Dilahirkan di Amsterdam demi Perdamaian Dunia

3 Pemain Paling Sering Dilanggar di Satu Laga Piala Dunia

4 Pemain Cetak Hat-trick Gol di Debut Piala Dunia

Upacara pembukaan digelar terlebih dahulu sebelum laga Afrika Selatan kontra Meksiko. Berbagai pertunjukan menjadi sajian mewarnai acara berdurasi 40 menit tersebut.

Sekitar 1.500 artis dilibatkan untuk memeriahkan upacara pembukaan ini. mayoritas berasal dari Afrika selatan.

Shakira

Sehari sebelumnya, juga digelar konser pembukaan Piala Dunia 2010. Di acara inilah Shakira menyanyikan lagu resmi Piala Dunia 2010 berjudul Waka Waka (This Time for Africa).

Ditunjuknya penyanyi berkebangsaan Kolombia itu sempat menimbulkan polemik. Masyarakat Afrika Selatan merasa artis dari negara mereka lah yang pantas menyanyikan lagu tersebut.

Namun Shakira menjawab keraguan itu dengan penampilan yang mengesankan. Terbukti, video klip lagu tersebut telah dilihat sebanyak 2,5 miliar di Youtube.

Pembukaan Piala Dunia 2010 juga semakin meriah setelah hampir semua penonton membawa dan membunyikan sebuah terompet khas Afrika Selatan bernama Vuvuzela. Bunyi dari alat musik ini sangat khas dan memekakkan telinga.

Vuvuzela sempat menuai pro kontra karena banyak yang terganggu dengan bunyi yang dihasilkan, tapi tak sedikit juga yang menyukainya. Pada akhirnya benda ini menjadi salah satu ikon dari Piala Dunia 2010.

Pembukaan Piala Dunia 2010 semakin sempurna karena laga Afrika Selatan kontra Meksiko berlangsung terbuka. Kedua tim akhirnya bermain imbang 1-1.

Afrika Selatan membuka keunggulan lebih dulu lewat sepakan keras Siphiwe Tshabalala pada menit ke-55. Gol ini langsung disambut seisi stadion dengan gemuruh.

Satu hal yang menarik adalah selebrasi yang dilakukan para pemain Afrika Selatan untuk merayakan gol Tshabalala ini. Mereka menari dengan gerakan seirama yang sangat menempel di ingatan pecinta sepak bola.

"Perayaan gol itu datang dari kepercayaan bahwa kita tahu kita akan mencetak gol. Perayaan itu dipersiapkan dengan baik, Jadi itu adalah gol yang sempurna," kata Tshabalala.

Sayangnya, Afrika Selatan gagal mempertahankan keunggulan mereka hingga pertandingan usai. Rafael Marquez membatalkan pesta tuan rumah sebelas menit jelang waktu normal berakhir.

Momen-momen dalam pembukaan Piala Dunia 2010 meninggalkan kesan yang istimewa. Banyak orang yang akan dengan mudah mengingatnya meski hal itu sudah berlangsung sepuluh tahun lalu.