Pedang Bermata Dua Itu adalah Cristiano Ronaldo

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Senin, 15 November 2021
Pedang Bermata Dua Itu adalah Cristiano Ronaldo
Cristiano Ronaldo (Twitter)

BolaSkor.com - Mantan asisten pelatih Manchester United, Steve McClaren, menyebutkan kelebihan dan kekurangan memiliki Cristiano Ronaldo dalam tim. Menurutnya, Ronaldo adalah pedang bermata dua.

Cristiano Ronaldo memilih kembali ke Manchester United setelah meninggalkan Juventus pada musim panas kemarin. Untuk bisa mendapatkan Ronaldo, The Red Devils mengucurkan dana 15 juta euro, belum termasuk bonus.

Seperti biasa, Ronaldo langsung menjadi mesin gol pada setiap tim yang dibela. Ronaldo mendulang sembilan gol dalam 13 laga.

Baca Juga:

Haruskah Geser Cristiano Ronaldo Jadi Bek Tengah Manchester United?

5 Alasan Sejumlah Orang Tidak Menyukai Cristiano Ronaldo

Man City Hanya Berlatih 10 Menit sebelum Kemenangan di Derby Manchester

Namun, menurut Steve McClaren, Ronaldo juga punya dampak negatif. Jika salah menanganinya, Ronaldo justru bisa merusak permainan Setan Merah.

"Anda melihat gesturnya ketika pertandingan kontra Atalanta. Ronaldo adalah pemimpin Man United. Ia sedikit mengingatkan saya kepada Roy Keane," ujar McClaren pada The McClaren Performance Podcast.

"Ronaldo adalah pemimpin yang vokal dan jujur. Namun, melihat dari gestur yang dikeluarkannya, Man United harus berbuat lebih banyak."

"Mendatangkan pemain seperti Cristiano Ronaldo bisa membantu Anda. Namun, pada sisi lain, dia juga bisa menghancurkan Anda. Dia bisa melakukan keduanya," ungkap McClaren.

Cristiano Ronaldo memang dikenal punya kemampuan memimpin rekan satu timnya. Namun, dengan sifat selalu menuntut mendapatkan yang terbaik dari rekan-rekannya, hal itu bisa jadi bumerang.

Apalagi, Ronaldo dikabarkan juga kerap mencampuri urusan pelatih dalam menyusun strategi. CR7 juga bisa menonjol sendiri ketika tidak bermain sebagai tim.

"Anda perlu memanfaatkannya. Ronaldo adalah solusi, tetapi juga masalah. Jika tidak mengatasinya dengan tepat, dia akan jadi masalah untuk pelatih," katanya.

"Ada berbagai cara untuk memanfaatkan Ronaldo. Saat ini, mereka tidak bermain sebagai tim," papar McClaren.

Breaking News Manchester United Cristiano Ronaldo
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.660

Bagikan