Pemerintah Inggris Izinkan Penonton Kembali ke Stadion dengan Syarat

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Selasa, 24 November 2020
Pemerintah Inggris Izinkan Penonton Kembali ke Stadion dengan Syarat
Salah satu laga uji coba dengan penonton pada masa pandemi. (Twitter)

BolaSkor.com - Premier League segera kembali diramaikan sorak sorai penonton asli dari tribun stadion. Hal itu setelah pemerintah Inggris mengeluarkan peraturan baru untuk menghadapi masa pandemi virus corona.

Seluruh kompetisi di Inggris harus menggelar pertandingan secara tertutup sejak project restart dijalankan pada pertengahan Juni silam. Padahal skema pembatasan penonton di stadion sempat dicoba pada masa pramusim dan di divisi bawah.

Namun rencana mengembalikan penonton ke stadion pada Oktober lalu pupus karena penyebaran virus corona kembali meningkat. Pemerintah Inggris bahkan terpaksa menerapkan kebijakan lockdown lagi hingga awal Desember mendatang.

Baca Juga:

Old Trafford Jadi Benteng yang Sulit Dibobol oleh Manchester United

Olivier Giroud Hanya Butuh Satu Hal untuk Kembali Tajam

Niat Manchester United Meminang Ansu Fati Terhalang Restu Barcelona

Old Trafford

Masa lockdown di Inggris akan berakhir pada 2 Desember mendatang. Setelah itu, pemerintah negeri Ratu Elizabeth sudah menyiapkan sejumlah langkah untuk membatasi penyebaran virus corona.

Salah satu yang diatur adalah regulasi kembalinya penonton ke stadion. Itu artinya, laga-laga Premier League dan divisi di bawahnya bisa digelar dengan kehadiran suporter selepas masa lockdown berakhir.

Namun kebijakan ini tidak akan berlaku sama di semua kota. Pemerintah Inggris akan membagi setiap daerah ke dalam tiga tingkatan.

Tingkat pertama adalah daerah yang tingkat penyebaran virus coronanya termasuk sangat rendah. Setiap kota yang termasuk dalam kategori ini diizinkan menghadirkan 4 ribu penonton dengan tetap menerapkan penjagaan jarak sosial.

Untuk daerah yang termasuk ke tingkat kedua, jumlah penonton yang diperbolehkan hadir mencapai 2 ribu orang. Sementara daerah di tingkat ketiga, pintu stadion masih tertutup untuk para penggemar.

Pemerintah Inggris diyakini akan segera mengumumkan pembagian tingkatan di setiap daerah. Klub-klub Premier League harap-harap cemas menantinya.

Terlepas dari itu, Premier League menyambut dengan positif langkah yang diambil pemerintah Inggris. Kehadiran penonton meski dalam jumlah kecil bisa membantu menyelamatkan klub dari krisis finansial.

"Fans sangat dirindukan di pertandingan Liga Premier dan oleh karena itu kami menyambut baik pengumuman Perdana Menteri hari ini mengenai kembalinya pendukung untuk pertama kalinya sejak Maret, meskipun dalam jumlah kecil," bunyi pernyataan resmi Premier League.

"Klub Premier League memiliki rekam jejak yang terbukti dalam mencapai standar keamanan yang tinggi dan kami yakin dapat memainkan peran penting dalam inisiatif pengujian perubahan haluan cepat Pemerintah."

Manchester United bisa menjadi klub Premier League pertama yang kembali menggelar pertandingan dengan penonton. Pada tanggal 3 Desember atau sehari setelah kebijakan lockdown dicabut, Setan Merah dijadwalkan menjamu Paris Saint-Germain (PSG) dalam lanjutan Liga Champions 2020-2021.

Inggris Premier League Virus Corona Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan