Pep Guardiola Bakal Melatih di Italia pada Usia 72 Tahun

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 22 Mei 2021
Pep Guardiola Bakal Melatih di Italia pada Usia 72 Tahun
Pep Guardiola (Twitter)

BolaSkor.com - Pep Guardiola sudah dinaungi kesuksesan di karier kepelatihan dengan raihan banyak trofi serta filosofi sepak bola ofensif dan menghibur. Di antara negara-negara yang pernah disambanginya, Guardiola belum pernah melatih di Italia.

Bermain di Italia sebagai pesepak bola pernah dilakukan mantan gelandang itu dengan Brescia (2001-2002) dan AS Roma (2003). Tetapi melatih di Italia? Belum pernah. Hal itu menjadi perhatian untuk melengkapi karier kepelatihannya.

Terlebih Guardiola dikaitkan dengan Juventus yang tengah panas dengan isu pemecatan Andrea Pirlo. Il Bianconeri dikabarkan tertarik dengan pelatih berusia 50 tahun itu.

Dalam karier kepelatihannya yang sudah dimulai dari 2007 Guardiola melatih Barcelona B, Barcelona, Bayern Munchen, dan kini dengan Manchester City. Guardiola meninggalkan warisan berupa raihan trofi serta cara sama ketiga tim itu bermain dengannya.

Baca Juga:

Man City Juara Piala Liga, Pep Guardiola Ukir Rekor Spesial

Pep Guardiola Janjikan Manchester City Balas Dendam ke Chelsea

Alarm Bahaya untuk Para Pesaing, Pep Guardiola Masih Ketagihan

Pep Guardiola

Ketika berbicara kepada Il Corriere dello Sport Guardiola bercerita mengenai hubungannya dengan legenda Italia, Roberto Baggio yang pernah bermain dengannya di Brescia serta kemungkinannya melatih di Italia pada masa depan.

"Johan Cruyff selalu memuji Baggio. Dia ingin melihatnya di liga berteknik seperti LaLiga dan dia bertanya-tanya apakah dia akan beradaptasi dengan sepak bola Spanyol," kata Guardiola.

"Baggio bisa saja bermain di mana-mana, tetapi pada tahun-tahun itu, tidak mungkin meyakinkan dia untuk meninggalkan Serie A. Para pemain terbaik ada di Italia, dan semua orang ingin bermain di sana.

"Saya ingin bermain di luar negeri, dan ketika direktur Brescia Mauro Pederzoli dan Gianluca Nanni datang menemui saya di Barcelona, tidak butuh waktu lama bagi saya untuk menerimanya."

"Mereka berbicara kepada saya tentang Baggio, Toni, Calori, Petruzzi dan si kembar Filippini. Saya berpikir 'Jika Baggio ada di sana, itu berarti mereka ingin melakukan sesuatu dengan serius.' Dan saya benar," urai dia.

Baggio saat ini sudah tak lagi aktif dalam dunia sepak bola dan hidup di kampung dengan keluarganya. Guardiola berharap kelak dapat bekerja sama lagi dengannya, plus ia menjabarkan waktu kapan kelak akan melatih di Italia.

"Kita hidup dalam masyarakat di mana setiap orang mengharapkan untuk menerima pengakuan dari orang-orang yang jauh dari kita, daripada cinta dari orang-orang yang dekat," tambah Guardiola.

"Baggio sebaliknya, dia lebih menyukai cinta dari kerabatnya daripada menjadi pusat perhatian. Kita semua manusia hidup untuk apa yang terjadi di luar, melupakan tentang diri kita sendiri. Dia lebih menyukai kehidupan batinnya, keluarganya, Budha, dan menikmati hal-hal kecil."

"Saat saya berusia 72 tahun dan datang ke Italia untuk melatih, saya akan memintanya menjadi asisten saya. Saya akan mencoba membawanya kembali ke dunia sepak bola. Tapi Anda tidak bisa meyakinkan Baggio, dia memutuskan sendiri."

Breaking News Pep Guardiola Roberto Baggio Serie a Italia
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan