Pergi atau Bertahan di PSG, Lionel Messi?

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 10 Maret 2023
Pergi atau Bertahan di PSG, Lionel Messi?
Lionel Messi saat melawan Bayern Munchen (Twitter)

BolaSkor.com - Dua tahun sudah Lionel Messi bermain untuk Paris Saint-Germain (PSG) dan ia telah memenangi dua trofi, Ligue 1 dan Trophee des Champions. Namun sampai saat ini La Pulga belum berhasil mempersembahkan trofi yang diinginkan fans: Liga Champions.

Perjalanan PSG musim ini kembali kandas di 16 besar setelah kalah agregat gol 0-3 dari Bayern Munchen: kalah 0-1 di leg pertama dan 0-2 di leg kedua. PSG dengan Kylian Mbappe dan Messi pun tak mampu mencetak gol ke gawang Bayern.

Seperti musim sebelumnya PSG pada akhirnya bertarung di kancah domestik. Sorotan ditujukan kepada pelatih PSG, Christophe Galtier, yang dinilai tak mumpuni melatih tim bertabur bintang. Akan tapi pendapat berbeda dituturkan oleh eks pemain PSG, Jerome Rothen.

Rothen salah satu eks pemain loyal PSG karena pernah membela klub selama enam tahun (2004-2010), sempat dipinjamkan ke Rangers dan Ankaragucu. Menurutnya dengan tegas, Messi tidak memiliki komitmen penuh untuk PSG seperti halnya di timnas Argentina.

Baca Juga:

Presiden LaLiga Ungkap Syarat Barcelona Bisa Beli Pemain Lagi

Presiden Barcelona Ragu Bisa Pulangkan Lionel Messi

Real Madrid Kalah, Carlo Ancelotti Heran Lihat Barcelona Bermain Bertahan

Rothen kesal kepada Messi yang tidak mengerahkan segalanya untuk PSG dan 'menghilang' di pertandingan penting.

"Messi, kami tidak menginginkannya! 'Dia tidak ingin terlibat dalam klub ini! Dia bilang dia "diaklimatisasi" sekarang, tapi apa yang Anda aklimatisasi?" cetus Rothen kepada RMC.

"Anda mencetak 18 gol atau (memberikan) 16 assists tahun ini melawan Angers dan Clermont? Tapi dalam pertandingan yang penting, Anda menghilang!"

"Leluconnya adalah kita melihat pertandingannya di Piala Dunia, saya melihat pergerakannya, bagaimana dia menginvestasikan dirinya sendiri. Saya tidak keberatan, mengingat itu adalah jersey tim nasional, hal yang terpisah, tapi hei, sedikit hormati klub di Ibu Kota, yang memungkinkan Anda mempertahankan status dan gaji."

"Hanya PSG yang bisa memberinya itu dan, tentu saja, PSG tersungkur karena mereka pikir Messi akan membuat kami menang (Liga Champions). Tapi dia tidak memenangkan apapun untuk kami," tegasnya.

Rothen juga yang sebelumnya menegaskan apabila Messi tak seharusnya dapat perpanjangan kontrak di PSG. Menilik kontraknya yang akan berakhir di akhir musim ini, Messi bisa pergi dengan status free agents atau bertahan.

Indikasi Bagus soal Kontrak Lionel Messi

Pakar sepak bola Spanyol dan juga jurnalis, Guillem Balague, menuturkan apabila ada tanda positif Messi akan teken kontrak baru dengan PSG. Ayah sekaligus agen Messi, Jorge Messi, dikabarkan sepakat secara verbal dengan Direktur PSG, Luis Campos.

"Kesepakatan prinsip untuk Messi sekarang harus dikonfirmasi secara tertulis dan detail - upah, durasi kontrak. Dia mendengarkan dan akan melanjutkan jika kondisinya tepat," papar Balague di BBC Sport.

"Seperti biasa, saya membayangkan akan ada tuntutan, khususnya - agar PSG terus menjadi tim yang kompetitif."

"Hal-hal yang dapat mempengaruhinya adalah jika Kylian Mbappe pergi, jika Qatar berhenti tertarik pada klub, jika batasan keuangan memaksa PSG untuk menjual pemain atau jika PSG tidak dapat memenuhi minimum keuangan untuk mempertahankan Messi."

Bermain di Eropa masih jadi opsi utama bagi penilik tujuh Ballon d'Or dan pemenang Piala Dunia 2022 Qatar tersebut. Balague tidak melihatnya kembali ke Newell's Old Boys atau bermain di Major League Soccer (MLS) musim depan.

"Sangat tidak mungkin dia pergi ke Newell's Old Boys musim panas ini, meskipun ada rumor," tambah Balague.

"Dia ingin melanjutkan sepak bola elite. Dia tidak berpikir untuk pergi ke Newell musim panas ini dan tidak ada kemungkinan itu terjadi untuk musim depan."

"Kubu Messi bersikeras belum ada tawaran resmi dari tim Major League Soccer Inter Miami, tetapi sumber Inter yakin mereka telah meletakkan semua kartu mereka di atas meja untuk Messi dan akan menunggu keputusannya," urainya.

Lionel Messi PSG Liga Champions
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan