BolaSkor.com - Satu perwakilan dari ASEAN (Asia Tenggara) menancapkan kaki mereka di fase gugur Piala Asia 2019. Pertama kali sejak tahun 1972, timnas Thailand lolos ke fase gugur pasca menahan imbang 1-1 tuan rumah, Uni Emirat Arab (UEA).

Berlangsung di Stadion Hazza Bin Zayed, Selasa (15/1) dini hari WIB, kedua tim sama-sama meraih satu poin melalui gol Ali Mabkhout di menit tujuh yang dibalas gol Thitipan Puangchan di menit 41.

Sementara di waktu bersamaan dari laga terakhir grup A, Bahrain menang dramatis atas India dengan skor 1-0 melalui gol penalti yang dicetak Jamal Rashid tepat di menit 90. Euforia kemenangan 4-1 India atas Thailand di laga pertama grup langsung sirna.

Baca Juga:

Piala Asia 2019 Baru Satu Laga, Thailand Pecat Pelatih

Hantam Korea Utara, Qatar Buktikan Pantas Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2022

Piala Asia 2019: Enam Tim Raih Tiket 16 Besar, Negara-negara ASEAN Merana

Timnas Thailand

Pertarungan di grup A ini memang sengit. Pada akhirnya, tiga tim yang lolos ke fase gugur atau 16 besar dari grup A adalah: UEA (lima poin), Bahrain (empat poin), dan Thailand (empat poin).

Barangkali banyak juga yang bertanya-tanya "Mengapa Thailand lolos ke-16 besar meski hanya menempati urutan tiga klasemen?" jawabannya cukup mudah: The War Elephants merupakan salah satu tim peringkat tiga terbaik.

Seperti yang diketahui, format Piala Asia di tahun ini tidak hanya memastikan dua tim teratas grup yang lolos ke-16 besar, melainkan juga empat tim yang menempati urutan tiga terbaik dalam kategori: selisih gol, jumlah kebobolan, jumlah mencetak gol.

Itu artinya, masih ada tiga tim lainnya yang masih berpeluang lolos apabila menjadi urutan tiga terbaik. Sementara ini, tim-tim yang sudah lolos ke-16 besar adalah: UEA, Bahrain, Thailand, Yordania, Cina, Korea Selatan, Iran, Irak, Qatar, Arab Saudi, Uzbekistan, dan Jepang.

India vs Bahrain

Kembali ke Thailand. Pencapaian yang mereka perlihatkan di Piala Asia 2019 ini membuktikan bahwa sepak bola di sana memang berkembang pesat.

Federasi Sepak Bola Thailand juga bergerak cepat memecat Milovan Rajevac dan menunjuk Sirisak Yodyardthai pasca kalah 1-4 dari India di laga pertama grup A.

Tiga bintang Thailand yang tidak disertakan di Piala AFF 2018, Chanathip Songkrasin, Teerasil Dangda, dan Tristan Do, menunjukkan peran vital mereka di edisi ke-17 Piala Asia 2019.

Di 16 besar, Thailand berpotensi bertemu dengan Cina atau Korea Selatan, apabila salah satu di antara kedua tim itu menjadi runner-up grup C. Laga 16 besar Thailand akan berlangsung di Stadion Hazza bin Zayed pada 20 Januari mendatang.