Piala Indonesia: Persib Bandung Tak Mendapat Izin Pakai GBLA, Umuh Muchtar Curiga

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 04 Februari 2019
Piala Indonesia: Persib Bandung Tak Mendapat Izin Pakai GBLA, Umuh Muchtar Curiga
Stadion GBLA. (BolaSkor.com/Frengky Aruan)

BolaSkor.com - Manajer tim Persib Bandung, Umuh Muchtar menaruh kekecewaan dengan batalnya laga melawan Persiwa yang sejatinya akan digelar Senin (4/2). Apalagi proses pembatalan dilakukan secara mendadak.

Menurut Umuh Muchtar, Persib Bandung sudah memohon perizinan penggunaan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Gedebage Kota Bandung sejak jauh-jauh hari. Dinas Tata Ruang (Distaru) Kota Bandung, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung serta pihak kepolisian secara tiba-tiba tidak memberikan izin karena Stadion mengalami kerusakan di beberapa fasilitasnya.

"Saya kecewa pertandingan batal. Ini terlalu mendadak dan seperti dibuat-buat. Seharusnya tidak mendadak. Ini tiga hari menjelang pertandingan baru ada kabar GBLA tidak bisa dipakai," kesal Umuh saat dihubungi melalui telepon selularnya, Senin (4/2).

Umuh Muchtar meminta kejelasan dari pihak-pihak tertentu terkait keputusan tidak mengizinkan Persib memakai untuk menjamu Persiwa. "Stadion GBLA dibangun dengan biaya tidak sedikit, ratusan miliar kalau tidak salah. Masa kondisinya sudah tidak layak. Kalau ada kejelasan, bukan tidak mungkin saya dan PT PBB akan ikut memperbaiki. Saya menduga ada oknum yang sengaja ingin Persib di WO (walkout)," katanya.

Baca Juga:

Reaksi Pelatih Persib Miljan Radovic soal Wildansyah ke Borneo FC

Persib Bandung Beralih ke Si Jalak Harupat, Jadwal Baru Menunggu PSSI

"Kalau sampai di WO, ini yang pertama kalinya bagi Persib sepanjang sejarah," tambahnya.

Sekretaris Distaru Kota Bandung, Chairul Anwar menjelaskan bahwa Stadion GBLA secara kasat mata terlihat keretakan dan penurunan di sejumlah titik. Namun, kondisi itu tidak terjadi di struktur utama stadion berkapasitas 38.000 penonton tersebut.

"Hasil awal peninjauan kami bersama Polrestabes Bandung adalah keretakan dan penurunan terjadi di samping-samping stadion seperti tempat parkir dan pendukung struktur stadion lainnya. Ada sedikit penurunan dan ditemukan ada retak," jelas Anwar.

Kondisi itu membuat pihaknya tidak bisa menilai GBLA layak atau tidak untuk digunakan pertandingan. Perlu pengujian lebih lanjut.

"Tanah di situ dulunya bekas sawah. Struktur utama stadionnya tidak bermasalah, hanya samping-samping stadionnya. Sementara waktu perlu penelitian. Karena asetnya milik Dispora, maka yang berwenang mengkajian itu Dispora. Sedangkan hanya merupakan pendukung teknis saja," tuturnya.

Meskipun struktur utama stadion tidak bermasalah, Anwar mengaku ada kekhawatiran karena pertandingan Persib di kandang seringkali dijejali penonton dalam jumlah banyak bahkan kadang membludak dan di luar perkiraan.

"Bobotoh yang menonton biasanya sangat membludak, di luar daya tampung GBLA. Akhirnya Polrestabes merekomendasikan agar dicarikan alternatif dulu. Untuk preventif saja takut ada sesuatu yang tidak diinginkan, makanya kita pun setuju," kata Anwar.

Baca Juga:

Sebut PSSI Silau dengan Nama Besar Persib, Persiwa Ancam Mundur dari Piala Indonesia

Persiwa Mengadu ke PSSI soal Penundaan Laga Lawan Persib

Sementara itu, Kadispora Kota Bandung, Dodi Ridwansyah menyebutkan, laporan mengenai keretakan dan penurunan tanah di Stadion GBLA baru sebatas visual. Sehingga perlu ada pendalaman lebih lanjut.

"Kami sedang mengupayakan untuk mencari penyedia jasa pengkaji teknis mengenai kondisi GBLA," ungkapnya.

Dengan kajian teknis tersebut, lanjut Dodi, dapat terlihat lebih jelas kondisi sesungguhnya. Termasuk jika memang perlu perbaikan.

"Tidak menutup kemungkinan kami akan menggandeng PT PBB (Persib Bandung Bermartabat) dalam penyediaan jasa ini. Karena mereka kan ada keinginan untuk mengelola. Biar hasilnya bisa menjadi dasar untuk kita dalam melakukan perbaikan," tuturnya.

Lebih lanjut Dodi menjelaskan, rencana kajian tersebut merupakan bentuk tindak lanjut hasil rapat koordinasi di Markas Polrestabes Bandung, Jumat (1/2) lalu. "Apapun yang menjadi hasil rakor hari Jumat lalu, kami akan menindaklanjuti saran dan masukan pada hasil rapat tersebut," pungkasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Breaking News Persib Bandung Piala Indonesia Umuh Muchtar
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan