BolaSkor.com - Seiring meningkatnya prestasi dan performa Liverpool di era Jurgen Klopp, penjualan jersey The Reds juga melonjak drastis dan kabarnya sudah menyaingi, bahkan, lebih populer dari rival bebuyutan, Manchester United.

Kedua tim memang mengalami perbedaan bak bumi dan langit dari segi grafis performa: Liverpool terus melonjak ke atas, sementara Man United menurun. Bukti itu bisa dilihat dari titel Liga Champions, Piala Super Eropa, dan status Liverpool sebagai kandidat petarung titel Premier League.

Sedangkan Red Devils inkonsisten tiap musimnya, sudah berganti sebanyak tiga pelatih sejak Klopp menangani Liverpool pada 2015 dari Louis van Gaal, Jose Mourinho, dan kini bersama Ole Gunnar Solskjaer, legenda klub medio 1996-2007.

Baca Juga:

Tak Perlu Kaget, Manchester United Memang Sudah Terbiasa Kalah

Liverpool 3-1 Arsenal: Catatan Minor The Gunners di Anfield Berlanjut

8 Statistik Menarik dari Laga Liverpool Kontra Arsenal di Anfield: 12 Kemenangan Beruntun The Reds

Performa itu, ditambah sejumlah transfer sukses Liverpool, berdampak signifikan dari penjualan jersey klub yang didesain oleh New Balance. Liverpool sedianya mendapatkan uang 45 juta poundsterling per tahunnya sesuai kontrak dengan New Balance.

Tapi, peningkatan performa mereka menghasilkan keuntungan mendekati pendapatan 75 juta poundsterling per tahun yang diterima United dari Adidas.

Data terbaru dari Love the Sales, yang melakukan riset pencarian berdasarkan kata-kata kunci yang dicari di penjualan online, Liverpool tercatat sebagai tim dengan penjualan jersey terbesar di Inggris. Fans juga mencarinya tiga kali lipat sama seperti jersey Man United.

"Berkaca dari kesuksesan terbesar sejak 2005, Liverpool kini memainkan musim sebagai kandidat favorit juara. Lambang emas di baju sebagai tanda dari jersey juara mereka di musim 1982-83," tutur Love the Sales, dilansir dari Liverpool Echo.

"Jersey kandang merupakan yang paling populer di Inggris. Permintaanya (dari fans) hampir meningkat dua kali lipat dibanding musim lalu. Peningkatan performa Liverpool berdampak pada jersey merah mereka. Memenangi titel Liga Champions 2018-19 meningkatkan permintaan menjadi 76 persen."

Permintaan jersey Liverpool meningkat (Foto: Liverpool Echo)

Liverpool meningkat dan Man United mengalami. Tak ayal jersey Liverpool saat ini sepopuler sang rival dan bisa jadi melebihinya di masa depan apabila United tidak berkembang.

"Terima kasih kepada (Sir) Alex Ferguson, Liverpool menghabiskan 30 tahun berada di bawah bayang-bayang Manchester United."

"Tapi, performa liga yang impresif dan transfer yang positif membawa Liverpool mengambilalih Manchester United dari sisi popularitas jersey selama musim 2017-18. Jersey Liverpool sekarang tiga kali lipat sepopuler Manchester United."