BolaSkor.com - Arsenal akan menjamu Liverpool di Emirates Stadium pada pekan 30 Premier League, Minggu (04/04) pukul 02.00 dini hari WIB. Baik Arsenal atau Liverpool memiliki pertaruhan besar di laga nanti.

Kekalahan bukan opsi. Arsenal akan semakin menjauh dari zona Liga Europa jika kalah meski masih menyisakan delapan laga lagi. Saat ini mereka ada di urutan sembilan klasemen.

Begitu juga Liverpool yang akan semakin sulit masuk ke zona Liga Champions jika gagal menang. Saat ini The Reds ada di urutan tujuh klasemen.

Terakhir kali kedua tim bertemu di Emirates Stadium Arsenal meraih kemenangan 2-1 musim lalu. Akan tapi kala itu Liverpool sudah dinobatkan sebagai juara liga hingga mereka tak bermain sepenuh hati.

Baca Juga:

West Ham 3-3 Arsenal: Drama Enam Gol di Derby London

Emirates Stadium yang Kurang Bersahabat dengan Liverpool dan Klopp

Efek bagi Liverpool setelah LeBron James Jadi Investor The Reds

Situasi nanti akan berbeda. Meski begitu catatan Liverpool di Emirates Stadium tidak cukup bagus. Mereka hanya mencatatkan dua kemenangan dari 20 laga terakhir di Emirates Stadium pada ajang Premier League (imbang sembilan kali dan kalah sembilan kali).

Meski begitu ada potensi laga nanti bakal menarik dan diwarnai hujan gol. Kala kedua tim bentrok sejauh ini sudah tercipta 166 gol, tidak ada dalam sejarah Premier League memiliki jumlah gol sebanyak itu dari bentrok dua tim.

Kabar Tim

Arsenal vs Liverpool

Tiga pemain Arsenal diragukan tampil selepas pulang dari timnas di jeda internasional. Ketiga pemain yang akan dinilai lagi menjelang laga adalah Bukayo Saka, Emile Smith Rowe, dan Granit Xhaka.

Satu pemain sudah pasti tak bermain di laga nanti adalah David Luiz. Bek asal Brasil mengalami cedera pada lutut kanan dan akan absen melawan Liverpool. Sementara Willian sudah pulih dari cedera dan tersedia di laga nanti.

Badai cedera di Liverpool belum berakhir. Jordan Henderson, Virgil van Dijk, Joe Gomez, dan Joel Matip masih cedera. Begitu juga dengan Divock Origi dan Caoimhin Kelleher. Positifnya Roberto Firmino sudah bisa bermain kembali.

Komentar Pelatih

Jurgen Klopp dan Mikel Arteta

Arteta sadar jika timnya masih berupaya mengejar zona Liga Europa di Premier League. Akan tapi baginya terpenting saat ini adalah mengalahkan Liverpool.

"Bagi saya prioritasnya adalah Liverpool (di atas Liga Europa)," tegas Mikel Arteta dikutip dari Goal.

"Kami tahu bahwa jika kami ingin naik klasemen dan berada di Eropa musim depan, kami membutuhkan konsistensi dalam sembilan pertandingan terakhir. Satu-satunya cara untuk melakukannya adalah memulai melawan Liverpool dan kami harus memenangkan pertandingan," tegas dia.

Jurgen Klopp juga memeringati Liverpool untuk meningkatkan permainan, menjaga fokus hingga musim berakhir untuk memperbaiki posisi di liga.

"Kami tidak memiliki banyak poin untuk disia-siakan lagi tetapi kami memiliki program yang sulit di atas itu, tidak hanya di Premier League tetapi juga Liga Champions. Kami tidak akan ragu, kami akan melakukannya dan mudah-mudahan kami bisa melakukannya pada hari Sabtu," tambah Klopp.

"Kami tahu apapun yang kami inginkan selama sisa musim kami hanya bisa mendapatkannya jika kami memenangkan pertandingan sepak bola, dan yang pertama adalah besok malam di Arsenal."

"Ini adalah yang sulit tetapi itu harus menjadi yang sulit untuk Arsenal juga. Itulah niat saya, untuk memastikan kami adalah lawan yang tidak ingin dihadapi Arsenal minggu ini," pungkas dia.

Head to Head

Arsenal punya keunggulan dari sisi head to head di lima laga terakhir di seluruh kompetisi. The Gunners menang dua kali di ajang Piala Liga dan Premier League, sementara Liverpool sekali menang, sisa dua lagi imbang.

- Liverpool 0-0 Arsenal (menang adu penalti - Piala Liga 2020)
- Liverpool 3-1 Arsenal (Premier League 2020)
- Arsenal 1-1 Liverpool (Premier League 2020)
- Arsenal 2-1 Liverpool (Premier League 2020)
- Liverpool 5-5 Arsenal (Premier League 2019)

Prediksi dan Prakiraan Susunan Pemain

Arsenal (4-2-3-1): Bernd Leno, Kieran Tierney, Gabriel, Pablo Mari, Hector Bellerin; Granit Xhaka, Thomas Partey, Pierre-Emerick Aubameyang, Martin Odegaard, Nicolas Pepe, Alexandre Lacazette

Manajer: Mikel Arteta

Liverpool (4-3-3): Alisson; Andrew Robertson, Ozan Kabak, Nathaniel Phillips, Trent Alexander-Arnold; Georginio Wijnaldum, Fabinho, Thiago; Sadio Mane, Diogo Jota, Mohamed Salah

Manajer: Jurgen Klopp

Prediksi BolaSkor: Arsenal 50-50 Liverpool