BolaSkor.com - Arsenal akan bertanding melawan Manchester City di pekan 25 Premier League di Emirates Stadium, Minggu (21/02) pukul 23.30 WIB. Itu akan menjadi pertemuan antara murid dengan guru, Mikel Arteta melawan Pep Guardiola.

Sejak melatih Arsenal pada Desember 2019 setelah mengakhiri pekerjaanya sebagai asisten Guardiola di City, Arteta telah empat kali melawan City dengan catatan tiga kekalahan dan satu kekalahan.

Arsenal juga tak pernah menang di 10 laga terakhir Premier League dari Man City. Manchester Biru setidaknya mencetak dua gol dari sembilan pertandingan tersebut. Arsenal bahkan kalah tujuh kali beruntun.

Baca Juga:

Kebangkitan Karier Ilkay Gundogan, Cetak Gol Melebihi Liverpool

Menilik Perbedaan di antara Mikel Arteta dan Pep Guardiola

Arsenal Vs Man City, The Citizens Berbahaya dari Kitman hingga Lini Depan

Terlebih City arahan Pep Guardiola sudah menemukan konsistensi bermain dan berada di level tinggi saat ini. City tak terkalahkan di 24 laga kompetitif sejak kalah November lalu melawan Tottenham Hotspur.

Sejak berganti tahun City besutannya juga jadi tim pertama yang memenangi 10 laga beruntun di liga teratas Inggris. Arteta tahu dia dan timnya melawan 'gunung besar' yang harus dipanjat timnya agar bisa menjaga mimpi bermain di Eropa.

Mikel Arteta

"Mereka (City) memiliki kelemahan seperti setiap tim tetapi saat ini tim-tim telah berjuang keras untuk menemukan semua itu karena saya pikir pertama-tama mereka dalam pertahanan benar-benar kuat," tutur Arteta di BBC Sport.

"Saya pikir mereka adalah tim terbaik di Eropa saat ini," tambah manajer asal Spanyol itu.

Sementara itu Guardiola memaklumi naik turunnya performa Arsenal di bawah arahan Arteta. Pasalnya Arteta masih berusaha menanamkan konsep bermain yang diinginkannya. Akan tapi Guardiola melihat adanya perkembangan dengan permainan Arsenal.

"Semua manajer membutuhkan waktu dan dia tidak terkecuali, tetapi dalam satu atau dua bulan terakhir setiap pertandingan yang dimainkan Arsenal, mereka lebih baik dari lawan," imbuh Guardiola.

"Sebagai manajer, Anda menginginkan hasil yang pantas Anda dapatkan, dan terkadang itu tidak terjadi dan Anda kalah. Tapi apa yang kami ingin pantas dia lakukan adalah dan permainan yang mereka mainkan bulan lalu selalu lebih baik dalam hal kontrol. permainan, menciptakan lebih banyak peluang dan kebobolan sedikit."

Pep Guardiola

"Kami harus bermain sebaik mungkin dengan bola dan banyak berlari dalam tempo yang tepat karena mereka memiliki cara membangun serangan yang hebat, kualitas dan energi yang mereka miliki dengan (Emile) Smith-Rowe, (Bukayo) Saka dan (Pierre -Emerick) Aubameyang dan semua pemain dengan kualitas di tengah membuat proses dengan baik."

"Itu sebabnya di masa sekarang dan di masa depan mereka akan menjadi pesaing nyata untuk memperebutkan gelar," yakin Guardiola.

Menarik untuk dinanti bagaimana Arteta menyiapkan timnya melawan sang guru nanti. Apakah Arsenal akan mengandalkan serangan balik? Atau tetap berpegang teguh pada permainan ofensif yang selama ini sudah dibangun Arteta?

Prakiraan Susunan Pemain:

Arsenal (4-2-3-1): Bernd Leno; Kieran Tierney, Gabriel, David Luiz, Hector Bellerin; Granit Xhaka, Dani Ceballos; Nicolas Pepe, Martin Odegaard, Bukayo Saka; Pierre-Emerick Aubameyang

Manajer: Mikel Arteta

Manchester City (4-2-3-1): Ederson Moraes; Aleksandar Zinchenko, Ruben Dias, John Stones, Joao Cancelo; Kevin De Bruyne, Rodri, Phil Foden, Bernardo Silva, Raheem Sterling; Gabriel Jesus

Manajer: Pep Guardiola

Head to Head:

Arsenal 1-4 Man City (Piala Liga)
Man City 1-0 Arsenal (Premier League)
Arsenal 2-0 Man City (Piala FA)
Man City 3-0 Arsenal (Premier League)
Arsenal 0-3 Man City (Premier League)

Prediksi: Arsenal 45-55 Man City