BolaSkor.com - Manchester United akan bertandang ke markas AS Roma pada leg kedua semifinal Liga Europa 2020-2021. Laga ini bisa menjadi momentum Setan Merah untuk mengakhiri kutukan semifinal.

Duel kedua tim akan berlangsung di Stadio Olimpico, Jumat (7/5) pukul 02.00 dini hari WIB. Manchester United membawa modal kemenangan 6-2 pada pertemuan pertama.

Sejak ditangani Ole Gunnar Solskjaer, Manchester United memang punya trauma tersendiri dengan babak semifinal. Musim lalu raksasa Inggris itu tersingkir di fase ini pada tiga turnamen yang berbeda.

Baca Juga:

Titik Terang dari Laga Tunda Manchester United Vs Liverpool

Demi Berdamai dengan Suporter MU, Glazer Siap Beli Harry Kane

3 Kemenangan Manchester United di Daratan Italia

Manchester United vs AS Roma

Namun kutukan itu sangat mungkin terhapus di kandang Roma. Il Giallorossi nyaris mustahil mampu memang dengan empat gol tanpa balas untuk membalikkan kedudukan dan melaju ke final.

Roma memang pernah melakukan comeback fantastis saat bersua Barcelona di perempat final Liga Champions 2017-2018. Kala itu, serigala ibu kota Italia mampu menang tiga gol tanpa balas di Olimpico setelah takluk 1-4 pada laga tandang.

Masalahnya, materi pemain Roma sudah jauh berbeda. Tim asuhan Paulo Fonseca tersebut juga tengah diterpa badai cedera.

Di sisi lain, Manchester United datang dengan kondisi yang bugar. Luke Shaw dan kawan-kawan absen bertanding pada akhir pekan lalu karena laga kontra Liverpool ditunda.

Kabar Tim

Badai cedera yang melanda Roma membuat Fonseca tidak punya banyak opsi. Salah satu yang paling rawan tentu absennya sang kiper utama, Pau Lopez.

Sebaliknya, Manchester United tidak memiliki masalah dengan cedera. Anthony Martial yang sempat divonis absen hingga akhir musim bahkan sudah kembali berlatih.

Namun Solskjaer diyakini akan melakukan sejumlah rotasi. Bukan tidak mungkin sejumlah darah muda akan diberi kesempatan untuk unjuk gigi.

Komentar Pelatih

Paulo Fonseca memilih realistis menatap laga ini. Namun ia memastikan Roma tidak akan merasa kalah sebelum bertanding.

"Jelas tidak akan mudah untuk menang 4-0, tetapi dalam sepak bola saya telah melihat dan mengalami banyak hal karena tidak ada yang tidak mungkin," kata Fonseca pada sesi jumpa pers jelang laga.

"Dibandingkan dengan kami, mereka tentu lebih segar dan mereka juga memiliki keuntungan dari hasil leg pertama yang akan membuat mereka merasa aman. Namun, kami ingin menang dan berjuang sampai akhir."

Sementara itu, nada optimisme lebih terdengar di kubu Manchester United. Solskjaer memastikan timnya tidak datang ke Roma hanya untuk mempertahankan keunggulannya.

"Kami akan bermain untuk memenangkan pertandingan, itulah satu-satunya cara agar kami dapat memainkan permainan ini. Tentu saja, mungkin ada satu atau dua perubahan dalam susunan pemain, tapi kami harus melaju ke final," kata Solskjaer.

"Semua orang mengatakan ini sudah selesai tapi saya telah melihat kekecewaan yang lebih besar dari ini. Roma mengalahkan Barcelona di leg kedua setelah tertinggal 4-1."

Head to Head

Manchester United lebih superior di hadapan Roma selama lebih dari satu dekade terakhir. Roma bahkan kerap kesulitan untuk meraih kemenangan saat bermain di kandang sendiri.

Lima pertemuan terakhir
30-04-2021 Man United 6-2 AS Roma (Liga Europa)
09-04-2008 Man United 1-0 AS Roma (Liga Champions)
01-04-2008 AS Roma 0-2 Man United (Liga Champions)
12-12-2007 AS Roma 1-1 Man United (Liga Champions)
02-10-2007 Man United 1-0 AS Roma (Liga Champions)

Prediksi dan Prakiraan Susunan Pemain

AS Roma (3-4-2-1): Antonio Mirante; Ibañez, Chris Smalling, Gianluca Mancini; Bruno Peres, Bryan Cristante, Gonzalo Villar, Rick Karsdorp; Henrikh Mkhitaryan, Lorenzo Pellegrini; Edin Dzeko.

Pelatih: Paulo Fonseca.

Manchester United (4-2-3-1): David de Gea; Brandon Williams, Eric Bailly, Harry Maguire, Alex Telles; Fred, Nemanja Matic, Paul Pogba, Donny van de Beek, Daniel James, Mason Greenwood.

Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer.

Prediksi BolaSkor.com: AS Roma 1-2 Manchester United