BolaSkor.com - Situasi internal Barcelona tengah diselimuti atmosfer dengan moral dan kepercayaan diri rendah jelang pekan 33 LaLiga kontra Atletico Madrid di Camp Nou, Rabu (01/07) pukul 03.00 dini hari WIB.

Barcelona menelan hasil imbang 2-2 melawan Celta Vigo di laga sebelumnya dan kehilangan tempat di puncak klasemen LaLiga dari Real Madrid. El Real menang 1-0 melawan Espanyol di pekan 32 LaLiga.

Pada sisa enam laga terakhir di LaLiga Barcelona tidak hanya bergantung kepada performa mereka sendiri untuk mempertahankan titel liga, namun juga berharap Madrid kehilangan poin. Keduanya terpaut dua poin saat ini dan Madrid punya keunggulan head to head.

Situasi kian parah karena kabarnya adanya keretakan di antara pemain dan Quique Setien, pelatih Barca terkait perbedaan keputusan teknik sang pelatih. Setien membantah adanya atmosfer buruk di dalam tim, namun ia mengakui adanya perbedaan pendapat.

Baca Juga:

Laga Tandang Jadi Problematika FC Barcelona Musim Ini di LaLiga

Barcelona Frustrasi Harus Menggantungkan Nasib kepada Real Madrid

Kiprah Sebagai Pemain Jadi Fondasi Diego Simeone

Duel panas Barcelona vs Atletico Madrid

"Kami semua menyerahkan sebagian dari diri kami demi kebaikan tim. Dan mungkin Anda harus mengorbankan hal-hal pribadi untuk kepentingan tim," tutur Setien dalam sesi konferensi pers jelang laga melawan Atletico dikutip dari Marca.

"Kenyataannya adalah ini adalah situasi baru, dan saya berada dalam periode saat saya belajar banyak hal. Itu juga terjadi pada saya di Las Palmas dan Seville. Ini adalah proses; waktunya menempatkan semuanya di tempat mereka masing-masing."

Situasi internal Barca itu bisa dimanfaatkan Atletico arahan Diego Simeone yang sedang dalam performa bagus. Los Colchoneros menyambangi Camp Nou dengan empat kemenangan beruntun di empat laga terakhir.

Dua di antara laga itu dimenangi di kandang lawan yakni kala melawan Osasuna (5-0) dan Levante (5-0). Momentum yang dimiliki Atletico itu bisa merusakan catatan kandang Barcelona yang belum pernah kalah di sana musim ini.

16 kali menjadi tuan rumah di LaLiga Barcelona menang 15 kali dan sekali imbang (0-0 melawan Real Madrid). Barca punya persentase kemenangan 93,75 persen di Camp Nou.

Kendati demikian dalam situasi yang kini mereka rasakan sejak sepak bola bergulir kembali pasca pandemi virus corona bisa jadi merusak rekor kandang di Camp Nou. Barca mengoleksi 11 poin dari tiga kemenangan dan dua hasil imbang.

Meski momentum Atletico sedang bagus Simeone tak mau meremehkan Barcelona. Mereka tetap tim yang kuat dan memiliki megabintang dunia, Lionel Messi.

"Pertandingan berikut (lawan Barcelona) akan menjadi sangat sulit, seperti yang selalu kami jalani di Barcelona. Kami perlu persiapan, hingga dapat menjalani laga dengan performa yang terbaik," ucap Diego Simeone.

Pun demikian dengan Setien yang mewaspadai permainan Atletico yang selalu menyulitkan Barcelona.

"Memang benar laga-laga melawan Atletico Madrid sangatlah sulit. Mereka tim hebat dengan identitas dan cara bermain yang kuat," tutur Setien.

"Mereka akan membuat hal-hal sulit bagi kami. Tapi saya pikir semua laga sama pentingnya seperti laga nanti."

Laga diprediksi bakal berjalan ketat. Atletico akan memperlihatkan pertahanan yang kukuh dan melancarkan serangan balik, sementara Barcelona akan mendominasi penguasaan bola dan coba merobohkan tembok pertahanan Atletico.

Prakiraan Susunan Pemain:

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Jordi Alba, Clement Lenglet, Gerard Pique, Nélson Semedo; Sergio Busquest, Ivan Rakitic, Arturo Vidal; Antoine Griezmann, Lionel Messi, Luis Suarez.

Atletico Madrid (4-4-2): Jan Oblak; Renan Lodi, Stefan Savic, Mario Hermoso, Kieran Trippier; Thomas Partey, Angel Correa, Koke, Saul Niguez; Alvaro Morata, Joao Felix.

Prediksi BolaSkor.com: Barcelona menang 45%, imbang 25%, Atletico menang 30%