BolaSkor.com - Manchester City dijadwalkan menjamu Arsenal pada pekan kelima Premier League 2020-2021 di Etihad Stadium, Sabtu (17/10) pukul 23.30 WIB. Duel guru melawan murid antara Pep Guardiola dan Mikel Arteta masih menjadi tajuk pertandingan ini.

Adu taktik Pep Guardiola selaku manajer Manchester City dengan Mikel Arteta yang kini menangani Arsenal memang menarik untuk disaksikan. Seperti diketahui, keduanya sudah mengenal satu sama lain.

Arteta pernah menjabat sebagai asisten Guardiola sejak mantan pelatih Barcelona itu menerima pinangan Manchester City, musim panas 2016. Namun keduanya berpisah pada Desember tahun lalu,

Arteta memilih memulai karier manajerialnya dengan menerima pinangan Arsenal. Ia pun sukses mempersembahkan trofi Piala FA di akhir musim lalu.

Baca Juga:

Kevin De Bruyne Tidak Fit, Kabar Baik untuk Arsenal

Pep Guardiola Dianggap Tak Berdaya Tanpa Lionel Messi

Kevin De Bruyne Tak Pedulikan Rumor Lionel Messi Gabung Manchester City

Guardiola tak ragu memuji kinerja Arteta yang terhitung sukses pada debutnya menangani sebuah tim. Ia juga yakin mantan asistennya tersebut tengah membawa Arsenal berada di jalur yang tepat.

"Cara timnya bermain saat ini sempurna untuk kualitas yang mereka miliki. Dia mampu membawa Arsenal kembali ke posisi semula," kata Guardiola di situs resmi klub.

"Dia melakukannya dengan sangat baik di semua kompetisi dan Mikel adalah seorang pesaing dan petarung."

Kedua sosok ini sudah dua kali beradu taktik di pinggir lapangan. Hasilnya, Manchester City dan Arsenal mampu saling mengalahkan.

Namun pada awal musim ini, Arsenal menunjukkan performa yang lebih baik dari Manchester City. Pierre-Emerick Aubameyang dan kawan-kawan mampu meraih tiga kemenangan dan sekali kalah dari empat laga.

Sebaliknya, Manchester City belum tampil maksimal seperti musim-musim sebelumnya. Dari tiga laga yang sudah dimainkan, The Citizens hanya mampu mengumpulkan empat poin hasil satu kali menang, satu kali imbang, dan sekali kalah.

Hal ini membuat peluang Arsenal untuk mencuri kemenangan di kandang Manchester City terbuka lebar. Namun Arteta tak mau percaya diri berlebihan yang justru bisa menjadi bumerang.

"Saya belum melihat penurunan level dari cara mereka bermain atau apa yang mereka tampilkan dari pertandingan ke pertandingan. Menurut pendapat saya, mereka benar-benar tidak beruntung dengan beberapa hasil yang diraih," kata Arteta.

Arteta secara perlahan mampu mengembalikan permainan cantik Arsenal seperti di era kejayaannya pada awal 2000-an. Ini akan menjadi tantangan yang menarik bagi Guardiola dan Manchester City yang sudah menunjukkan penampilan sejenis secara konsisten dalam waktu relatif lama.

Arsenal praktis bisa menurunkan kekuatan terbaiknya dalam laga ini termasuk Thomas Partey yang baru didatangkan dari Atletico Madrid. Gelandang berkebangsaan Ghana itu bisa menjadi salah satu opsi untuk memenangi duel di lini tengah.

Sementara Manchester City masih belum bisa diperkuat Sergio Aguero. Kondisi Raheem Sterling yang diplot sebagai penggantinya juga meragukan untuk ditampilkan sejak menit pertama.


Prakiraan susunan pemain

Manchester City (4-2-3-1): Ederson; Benjamin Mendy, Aymeric Laporte, Ruben Dias, Kyle Walker; Rodri, Fernandinho; Phil Foden, Ilkay Gundogan, Bernardo Silva; Raheem Sterling.

Manajer: Pep Guardiola.

Arsenal (4-3-3): Bernd Leno; Ainsley Maitland-Niles, Gabriel Magalhaes, David Luiz, Hector Bellerin; Dani Ceballos, Thomas Partey, Granit Xhaka; Pierre-Emerick Aubameyang, Alexandre Lacazette, Willian.

Manajer: Mikel Arteta.

Head to head

19-07-2020 Arsenal 2-0 City (Piala FA)
18-06-2020 City 3-0 Arsenal (Premier League)
15-12-2019 Arsenal 0-3 City (Premier League)
03-02-2019 City 3-1 Arsenal (Premier League)
12-08-2018 Arsenal 0-2 City (Premier League)

Prediksi BolaSkor.com

Manchester City 50-50 Arsenal