BolaSkor.com - Sepanjang sejarah dalam 157 total pertemuan antara Manchester City dengan Tottenham Hotspur, kedua tim tidak pernah bentrok di turnamen antarklub Eropa. Kini, kedua klub dipertemukan di delapan besar Liga Champions 2018-19.

The Citizens akan menyambangi markas baru Spurs, Tottenham Hotspur Stadium, pada leg satu delapan besar Liga Champions, Rabu (10/4) pukul 02.00 dini hari WIB. Menilik rekor pertemuan kedua tim, Man City lebih unggul dari segi jumlah kemenangan.

City memenangi 11 dari 16 laga terakhir mereka melawan Spurs (sisanya satu imbang dan empat kali kalah) di Premier League. Akan tapi, ketika konteksnya diubah ke laga-laga Eropa, uniknya, Man City tak punya catatan bagus.

Baca Juga:

Man City ke Final Piala FA, Guardiola Masih Sebut Mustahil Menangi Quadruple

Kevin De Bruyne Tak Peduli dengan Stadion Anyar Tottenham Hotspur

Eden Hazard Sindir Tottenham Tak Pernah Raih Gelar

Sesi latihan Manchester City

Man City kalah di empat laga terakhir di Eropa melawan sesama tim Inggris, yakni kala melawan Chelsea dan Liverpool. Catatan itu bisa menjadi harapan bagi Spurs asuhan Mauricio Pochettino untuk coba menodai ambisi quadruple (raihan empat titel) City.

Harry Kane, striker andalan Spurs, diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi rekan setimnya karena dia sudah terlibat dalam 17 gol dari total 17 penampilannya di Liga Champions (14 gol dan tiga assists).

Kane mencetak satu gol tiap 106 menit dan memiliki rasio gol terbaik di antara pemain-pemain Inggris lainnya di Eropa, setidaknya sebanyak 200 menit di dalam kompetisi. Wajar jika Pep Guardiola sangat mewaspadainya.

Harry Kane

"Saya telah katakan ribuan kali sejak saya datang ke sini, ke Inggris, mengenai mereka (Spurs), tapi tentu saja Harry Kane yang dapat menyangkal (betapa pentingnya dia)," ucap Guardiola.

"Dia striker nomor 9 untuk timnas, dia striker yang sangat hebat dan memiliki segalanya, kanan, kiri, pergerakan, dia menjaga bola dan juga membangun serangan."

"Dia cerdas dan ketika berada di dalam kotak penalti dapat melakukan segalanya. Dia striker modern, tapi tentu saja Tottenham bukan hanya Harry Kane, kami tahu dan kami sudah mengetahuinya bahkan di saat orang-orang tidak memercayai saya," jelasnya.

Terlepas dari adanya ketergantungan atau tidak Spurs kepada Kane, laga tersebut diprediksi akan berjalan seru karena kedua tim memainkan sepak bola yang ofensif. Pertemuan pertama di Eropa dan di markas baru Tottenham - kebetulan seperti halnya takdir yang sudah ditentukan.

Prakiraan Susunan Pemain:

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): Hugo Lloris; Kieran Trippier, Toby Alderweireld, Jan Vertonghen, Danny Rose; Moussa Sissoko, Dele Alli; Christian Eriksen, Son Heung-min, Harry Winks; Harry Kane

Pelatih: Mauricio Pochettino

Manchester City (4-3-3): Ederson; Danilo, Aymeric Laporte, Nicolas Otamendi, Benjamin Mendy; Kevin De Bruyne, Fernandinho, Ilkay Gundogan; Bernardo Silva, Gabriel Jesus, Raheem Sterling

Pelatih: Pep Guardiola

Wasit: Bjorn Kuipers (Belanda)

Lima Laga Terakhir Tottenham:
02/03/19 Tottenham 1-1 Arsenal
06/03/19 Dortmund 0-1 Tottenham
09/03/19 Southampton 2-1 Tottenham
31/03/19 Liverpool 2-1 Tottenham
04/04/19 Tottenham 2-0 Palace

Lima Laga Terakhir Man City:
13/03/19 Man City 7-0 Schalke
17/03/19 Swansea 2-3 Man City
30/03/19 Fulham 0-2 Man City
04/04/19 Man City 2-0 Cardiff City
06/04/19 Man City 1-0 Brighton