BolaSkor.com - Tim nasional Italia akan melakoni matchday 1 Grup A Piala Eropa 2020 dengan bersua Turki, di Stadio Olimpico, Sabtu (12/6) dini hari WIB. Gli Azzurri wajib waspada karena ini adalah laga perdana.

Pertandingan pertama pada sebuah turnamen sulit ditebak. Tim memerlukan adaptasi untuk bisa langsung panas dan meraih kemenangan pada matchday perdana.

Italia tentunya ingin meraih poin maksimal agar jalan menuju babak berikutnya lebih mulus. Apalagi, ini adalah pembuktian Italia setelah gagal lolos ke edisi Piala Dunia terakhir.

Untuk bisa menekuk Turki, Italia punya modal yang cukup apik. Jorginho dan kawan-kawan tak terkalahkan dalam 27 pertandingan beruntun. Selain itu, Italia juga tak kebobolan dalam delapan laga terakhir.

Meski demikian, Turki bukanlah lawan yang mudah dikalahkan. Ay-Yildizlilar membawa sejumlah pemain yang punya catatan bagus di klub besar Eropa.

Baca Juga:

Televisi Berbayar yang Menyiarkan Piala Eropa 2020

Piala Eropa 2020: Peringatan Eks Pelatih Turki kepada Timnas Italia

Sederet Fakta Menarik Jelang Laga Pembuka Piala Eropa 2020 Italia Vs Turki

Timnas Italia

Kondisi Tim

Roberto Mancini membangun skuad Italia dengan mencampurkan pemain muda dan senior. Contohnya, ia masih menyertakan Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci. Sedangkan, untuk muka baru, Italia memiliki Giacomo Raspadori yang bermain cemerlang di Sassuolo.

Sayangnya, pada pertandingan pertama, Italia diragukan bisa memainkan Marco Verratti. Peran gelandang Paris Saint-Germain itu berpeluang digantikan Manuel Locatelli.

Sementara itu, di lini serang, Mancini kemungkinan akan memainkan trio Lorenzo Insigne, Ciro Immobile, dan Domenico Berardi. Ketiganya tampil impresif dalam masa persiapan.

Dari kubu seberang, Turki dalam kondisi siap tempur. Tak ada pemain yang tidak bisa tampil.

Senol Gunes diprediksi akan memilih menduetkan Merih Demiral dan Caglar Soyuncu di jantung pertahanan. Sementara itu, Ozan Kabak akan memulai dari bangku cadangan.

Untuk membangun serangan, Turki diprakirakan akan mengandalkan Hakan Calhanoglu. Sementara itu, striker syarat pengalaman, Burak Yilmaz, akan menjadi mesin gol.

Komentar

Meski timnya diunggulan menang, tetapi Roberto Mancini memilih membumi. Ia sadar, Turki bukanlah lawan yang bisa dipandang sebelah mata.

"Ini adalah grup yang sulit. Anda tidak akan menemukan tim lemah pada kompetisi ini. Setiap tim dipersiapkan dengan baik secara taktik, teknis, dan fisik," jelas Mancini.

"Turki adalah tim yang kuat karena para pemainnya kuat secara teknik dan fisik," imbuh mantan pelatih Inter Milan itu.

Sementara itu, Senol Gunes berharap timnya bisa membuat kejutan. Dengan begitu, persaingan akan semakin terbuka.

"Hasil yang kami raih pada laga pertama itu sangat penting. Imbang atau menang dapat menyebabkan kebingungan di grup," papar sang juru taktik.

Prakiraan susunan pemain:

Turki (4-5-1): Cakir; Meras, Soyuncu, Demiral, Celik; Karaman, Calhanoglu, Yokuslu, Tufan, Yazici; Yilmaz.

Pelatih: Senol Gunes.

Italia (4-3-3): Donnarumma; Spinazzola, Chiellini, Bonucci, Florenzi; Barella, Jorginho, Locatelli; Insigne, Immobile, Berardi.

Pelatih: Roberto Mancini

Head to head

16-11-2006 Italia 1-1 Turki (Persahabatan)
21-11-2002 Italia 1-1 Turki (Persahabatan)
11-06-2000 Turki 1-2 Italia (Piala Eropa)
21-12-1994 Italia 3-1 Turki (Persahabatan)
03-03-2984 Turki 1-2 Italia (Persahabatan)

Prediksi Bolaskor

Turki 0-2 Italia