BolaSkor.com - Pandemi virus corona mengubah beberapa aturan dan sempat menunda persaingan liga-liga Eropa musim lalu. Salah satu aturan yang berubah itu adalah soal pergantian pemain dan Serie A juga menerapkannya.

Aturan khusus diperbolehkan oleh FIFA dan ditetapkan UEFA untuk digunakan di klub-klub Eropa jelang akhir musim lalu. Aturan itu adalah lima pergantian pemain dari biasanya tiga pergantian pemain. Perubahan itu dilakukan untuk menghindari risiko letih pemain hingga rawan cedera karena jadwal padat dan mepet.

Jelang musim baru pandemi virus corona belum berakhir namun jadwal dimulainya musim semua jadwal kembali normal dan dimulai kembali dari awal musim. Hal itu memunculkan pertanyaan apakah lima pergantian pemain digunakan kembali musim ini.

Sejauh ini di antara lima-lima liga top Eropa baru Premier League yang menolak menggunakan aturan tersebut kembali. Sementara liga lain masih menerapkannya, pun demikian Serie A yang dikonfirmasi oleh Gabriele Gravina selaku Presiden FIGC (Federasi Sepak Bola Italia).

Baca Juga:

Profil Singkat 3 Klub Promosi Serie A 2020-2021

Menilik Perjalanan Karier 6 Pemain Amerika Serikat yang Pernah Bermain di Serie A

Alessandro Del Piero Terkejut Juventus Pilih Andrea Pirlo

Gabriele Gravina tegaskan aturan pergantian lima pemain masih ditetapkan di Serie A

"Lega Serie A telah meminta lima pergantian pemain selama musim 2020-2021," terang Gravina di sesi konferensi pers yang didampingi Gianni Infantino, Presiden FIFA dikutip dari Football-Italia.

"Oleh karena itu, saya dapat mengatakan hari ini bahwa akan ada lima pergantian pemain sejak awal musim (Serie A 2020-2021)," tambah Gravina.

Dengan adanya lima pergantian pemain ada beberapa sisi positif yang dapat diambila darinya, mulai dari rotasi pemain yang dapat menjaga kebugaran serta kans bermain yang lebih banyak untuk pemain-pemain yang biasa menghiasi bangku cadangan.