Profil Timnas Jerman di Piala Eropa 2020: Persembahan Terakhir Joachim Low

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Minggu, 30 Mei 2021
Profil Timnas Jerman di Piala Eropa 2020: Persembahan Terakhir Joachim Low
Timnas Jerman (Twitter)

BolaSkor.com - Piala Eropa 2020 punya makna istimewa bagi Tim Nasional Jerman. Ini akan jadi turnamen perpisahan pelatih Der Panzer, Joachim Low.

Low memang sudah memutuskan mundur dari jabatannya usai turnamen ini. Ia total sudah mengabdi sebagai pelatih Timnas Jerman selama 15 tahun.

Low dan pasukannya tentu ingin memberikan performa maksimal di Piala Eropa 2020. Gelar juara akan menjadi kado perpisahan yang indah.

Baca Juga:

Giorgio Chiellini Pensiun dari Timnas Italia Usai Piala Eropa 2020

8 Bintang Muda yang Dapat Mencuri Perhatian di Piala Eropa 2020

Profil Timnas Portugal di Piala Eropa 2020: Beban Juara Bertahan

Jerman lolos ke putaran final dengan cukup meyakinkan. Manuel Neuer memuncaki klasemen grup C meski harus bersaing sengit dengan Belanda serta Irlandia Utara, Belarusia, hingga Estonia.

Namun ambisi Jerman untuk meraih gelar juara tidak akan mudah. Undian menakdirkan mereka berada di grup F yang sengit bersama Prancis, Portugal, dan Hongaria.

Jerman harus langsung menampilkan performa terbaiknya sejak laga pertama untuk mewujudkan ambisinya. Jika tidak, tragedi Piala Dunia 2018 dimana mereka tersingkir di fase grup bisa terulang.

Momen Bersejarah

Jerman sukses menjadi juara Piala Eropa 1996.

Sebagai salah satu raksasa Eropa, Jerman punya sejarah panjang di Piala Eropa. Negeri Bavarian juga telah mengoleksi tiga gelar juara.

Kesuksesan pada edisi 1996 tentu paling membekas. Hal itu karena diraih di tanah salah satu musuh bebuyutannya, Inggris.

Kedua tim bahkan bertemu di semifinal. Jerman akhirnya mengalahkan Inggris lewat drama adu penalti.

Drama yang tak kalah seru juga tersaji di partai final saat berhadapan dengan Republik Ceko. Jerman mengalahkan tim kuda hitam tersebut lewat golden goal Oliver Bierhoff.

Pemain Kunci

Manuel Neuer dan Toni Kroos

Jerman saat ini dipenuhi banyak pemain muda. Namun Low masih bergantung dengan sejumlah bintang senior seperti Manuel Neuer dan Toni Kroos.

Peran Neuer sangat vital karena berstatus kapten tim. Ia juga menjadi palang pintu terakhir pertahanan Jerman.

Sementara pengalaman Kroos juga sangat dibutuhkan. Ia akan menjadi poros permainan Jerman baik saat menyerang atau bertahan.

Low akhirnya juga memanggil dua pemain senior yaitu Thomas Muller dan Mats Hummels. Kehadiran keduanya tentu semakin menambah pengalaman Timnas Jerman menghadapi sengitnya persaingan di grup F.

Pelatih

Joachim Low

Kemampuan Low mulai diragukan setelah Jerman tampil buruk di Piala Dunia 2018. Banyak pihak menilai kualitasnya sudah mentok.

Low merespons banyak kritikan itu dengan mengundurkan diri. Ia menilai memang sudah waktunya untuk berpisah.

Namun Low tentu berambisi untuk membungkam para pengkritiknya dengan performa maksimal. Trofi Piala Eropa juga akan melengkapi warisannya untuk Timnas Jerman.

Prediksi Formasi

Timnas Jerman

Timnas Jerman (4-3-3): Manuel Neuer; Lukas Klostermann, Mats Hummels, Antonio Rudiger, Emre Can; Joshua Kimmich, Toni Kroos, Ilkay Gundogan; Kai Havertz, Thomas Muller, Leroy Sane.

Jadwal Pertandingan

Prancis vs Jerman (16/06 - 02.00 WIB - Allianz Arena)
Portugal vs Jerman (19/06 - 23.00 WIB - Allianz Arena)
Jerman vs Hongaria (24/06 - 02.00 WIB - Allianz Arena)

Timnas Jerman Piala eropa Piala Eropa 2020 Profil Tim Piala Eropa Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan