BolaSkor.com - Kontrak Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia baru akan habis pada Desember 2023. Namun, PSSI membuka peluang untuk memperpanjang durasi kerja sama dengan juru taktik asal Korea Selatan tersebut.

Sejak ditangani Shin Tae-yong, Timnas Indonesia dinilai mengalami perubahan ke arah yang lebih baik. Dari segi permainan, Shin Tae-yong membuat Timnas Indonesia lebih atraktif.

Shin Tae-yong juga mampu membentuk skuat dengan mental tangguh. Beberapa kali Timnas Indonesia berhasil menang melawan tim yang lebih kuat di atas kertas seperti Curacao.

Dari segi prestasi, Shin Tae-yong memang gagal memberikan medali emas SEA Games 2021 dan gelar juara Piala AFF 2020, namun pelatih berusia 51 tahun mampu mengantarkan dua kelompok tim nasional, yaitu Timnas Senior dan Timnas Indonesia U-20 ke putaran Piala Asia yang berlangsung tahun depan.

Baca Juga:

Shin Tae-yong, Korsel, dan Pakansari

Menang Lagi atas Curacao, Shin Tae-yong Beri Pujian Khusus pada Rachmat Irianto

Dua Kali Kalahkan Curacao, Timnas Indonesia Bidik Tim 60 Besar FIFA

"Soal kontrak (Shin Tae-yong), dengan analisa, identifikasi, dan diskusi yang saya lakukan, bahwa memang ada kemajuan pesat di tim nasional," kata Ketum PSSI Mochamad Iriawan.

"Sehingga saat 2023 kontrak Shin Tae-yong habis, minimal (kami berikan kontrak) per empat tahun," ujar Iriawan menambahkan.

Kendati demikian, PSSI akan membiarkan Shin Tae-yong fokus terlebih dahulu terhadap tugas-tugasnya. Setelah melakoni dua laga FIFA Matchday kontra Curacao bersama Timnas Senior, Shin Tae-yong bakal memimpin pemusatan latihan atau TC Timnas Indonesia U-20 mulai awal Oktober mendatang.

"Shin Tae-yong meminta TC ke Spanyol atau Portugal. Selain itu, kami juga ajukan ke Belanda karena ada beberapa pemain keturunan di sana dan Turki karena lawan kita banyak juga yang latihan di sana," ujar Iriawan.