Rangkuman Deadline Transfer Januari 2023: Enzo Fernandez ke Chelsea, Man United Rekrut Sabitzer

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 01 Februari 2023
Rangkuman Deadline Transfer Januari 2023: Enzo Fernandez ke Chelsea, Man United Rekrut Sabitzer
Marcel Sabitzer (Twitter)

BolaSkor.com - Bursa transfer musim dingin atau Januari 2023 telah resmi berakhir pada Rabu (01/02) pagi WIB. Cukup banyak aktivitas yang terjadi pada hari deadline dan beberapa transfer yang terjadi melibatkan klub besar.

Aktivitas transfer di musim dingin terjadi cukup seru seperti halnya bursa transfer musim panas. Chelsea tetap jadi bintang pada transfer Januari karena total sudah merekrut delapan pemain, plus satu pemain yang akan datang pada musim panas mendatang (Christopher Nkunku).

Baca Juga:

Siap Tebus Enzo Fernandez Seharga Rp1,9 Triliun, Chelsea Punya Siasat Hindari FFP

Enzo Fernandez Sudah Siap Bermain di Liga Top Dunia

5 Fakta Menarik Mengenai Rekrutan Terbaru Chelsea, Malo Gusto

BolaSkor.com telah merangkum transfer-transfer besar yang terjadi pada deadline day di lima liga top Eropa. Berikut sederet transfer yang sudah terjadi sejauh ini pada bursa transfer musim dingin 2023:

1. Enzo Fernandez (Benfica > Chelsea)

Kegigihan Chelsea mengejar Enzo Fernandez berbuah hasil. Chelsea sepakat dengan Benfica pada angka 120 juta euro (105,6 juta poundsterling) untuk merekrutnya, itu sudah menjadi rekor di Inggris setelah Jack Grealish (100 juta poundsterling) pada 2021. Kabarnya Fernandez dikontrak delapan tahun setengah.

Pemain Muda Terbaik Piala Dunia 2022 itu jadi rekrutan kedelapan Chelsea musim ini setelah Noni Madueke, Mykhailo Mudryk, David Datro Fofana, Andrey Santos, Benoit Badiashile, Joao Felix, dan Malo Gusto. Chelsea total sudah menghabiskan 288 juta poundsterling pada Januari 2023.

2. Marcel Sabitzer (Bayern Munchen > Manchester United)

Man United juga aktif pada deadline bursa transfer dan sukses mengamankan rekrutan ketiga, setelah Jack Butland dan Wout Weghorst. Seperti halnya kedua pemain tersebut, Man United juga menggunakan skema pinjaman.

Dia adalah gelandang Bayern Munchen, Marcel Sabitzer, yang direkrut untuk menggantikan Christian Eriksen yang cedera. Sabitzen (28 tahun) punya pengalaman bermain di level klub dan internasional hingga layak jadi pengganti Eriksen.

3. Julian Araujo (Los Angeles Galaxy > Barcelona)

Seiring kepergian Hector Bellerin secara permanen ke Sporting Lisbon, FC Barcelona menemukan penggantinya dengan merekrut Julian Araujo - juga secara permanen - dari Los Angeles Galaxy sebesar 4 juta euro. Kontraknya valid hingga 2026 dan Araujo akan bermain untuk tim kedua Barcelona (Barcelona B).

Barcelona akan memberikannya proses adaptasi karena ini kali pertama Araujo (21 tahun) bermain di Eropa. Araujo berpaspor Meksiko meski lahir di Lompoc, California pada 13 Agustus 2001.

4. Jorginho (Chelsea > Arsenal)

Arsenal menyelesaikan bursa transfer musim dingin dengan merekrut Jorginho dari Chelsea. Ia jadi rekrutan ketiga setelah Leandro Trossard dan Jakub Kiwior. Jorginho diboyong sebesar 12 juta poundsterling total dan dikontrak hingga 2024 dengan opsi perpanjang kontrak.

Pengalaman dan kualitas Jorginho akan membantu Arsenal dalam perebutan titel Premier League. Jorginho juga akan menambah kedalaman skuad di tengah yang sudah punya Granit Xhaka, Mohamed Elneny, dan Thomas Partey.

5. Keylor Navas (PSG > Nottingham Forest)

Chelsea bukan satu-satunya bintang di bursa transfer musim dingin, tetapi juga klub promosi Premier League Nottingham Forest. Tak mau kalah aktif pada deadline, Nottingham mengamankan tiga pemain anyar.

Satu adalah kiper asal Kosta Rika, Keylor Navas, yang dipinjam dari PSG (Paris Saint-Germain) untuk menggantikan Dean Henderson yang cedera. Pemain kedua adalah Jonjo Shelvey (gelandang) yang direkrut dari Newcastle United dan dikontrak selama dua tahun.

Satu pemain lagi adalah bek tengah asal Brasil, Felipe, yang direkrut dari Atletico Madrid dan dikontrak hingga Juni 2024.

6. Pedro Porro (Sporting Lisbon > Tottenham Hotspur)

Efek domino terjadi pada posisi bek kanan. Dimulai dari kepergian Pedro Porro ke Tottenham Hotspur, Sporting Lisbon merekrut Hector Bellerin sebagai penggantinya dan Barcelona memboyong Julian Araujo dari LA Galaxy, sebagai pengganti Bellerin.

Bahkan Atletico juga mendapatkan Matt Doherty dari Tottenham Hotspur. Porro (23 tahun) direkrut Tottenham dengan status pinjaman dan opsi beli sebesar 39 juta poundsterling.

Transfer Isu Transfer Bursa transfer Chelsea Enzo Fernandez Manchester United Marcel Sabitzer
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.211

Bagikan