Real Madrid dan Wakil LaLiga Lainnya dalam Daftar Klub Paling Ramah Lingkungan

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Jumat, 24 Februari 2023
Real Madrid dan Wakil LaLiga Lainnya dalam Daftar Klub Paling Ramah Lingkungan
Sareak Project (LaLiga)

BolaSkor.com - Klub-klub Spanyol berusaha selalu terdepan terkait keberlanjutan dalam sepak bola. Hal ini jelas terlihat dengan Real Betis, Real Sociedad, dan Real Madrid berada di peringkat teratas dalam Football Sustainability Index tahunan dari Brand Finance, perusahaan konsultan internasional bergengsi.

Real Betis berada di peringkat kedua, diikuti oleh Real Madrid di posisi ketiga dan Real Sociedad yang menempati tempat ketujuh, yang menandakan bahwa LaLiga adalah liga dengan perwakilan paling banyak dalam peringkat 10 besar.

Proyek-proyek keberlanjutan menjadi semakin penting bagi para klub dan merek untuk diintegrasikan pada strategi bisnis mereka, baik untuk komponen sosial dan juga demi manfaat yang mereka bawa ke organisasi. Dengan begitu, keberlanjutan dapat menjadi faktor pembeda bagi sebuah institusi.

Hugo Hensley, Associate Director di Brand Finance, mengatakan: “Tidak mengejutkan jika para klub sepak bola mulai merasakan dorongan dari fans, pemilik, sponsor, penyiar, liga, dan regulator tentang aksi klub terkait aspek ESG (environmental, social, dan governance). Sementara hasil dari survei kami yang luas terhadap para fans sepak bolak menunjukkan bahwa sejumlah kecil klub telah membuat langkah signifikan dalam komitmen mereka terhadap masalah ESG dan mengomunikasikannya, masih terdapat peluang besar untuk peningkatan lebih lanjut.”

Baca Juga:

Toni Kroos Masih Ingin Berduet dengan Luka Modric

Real Madrid Mencoba Lepas dari Ketergantungan Duet Modric dan Kroos

Real Madrid Gantung Nasib Luka Modric

Dalam hasil laporan tahun ini, Real Betis adalah klub peringkat kedua secara keseluruhan untuk keberlanjutan yang dirasakan, dengan skor ESG keseluruhan mencapai 83 dari 100. Ini adalah hasil dari inisiatif 'Forever Green' yang diluncurkan klub pada tahun 2020, sebuah platform keberlanjutan untuk perusahaan dan institusi yang menggunakan kekuatan sepak bola, olahraga paling populer di dunia, untuk membantu menyelamatkan planet ini.

Sebagai platform terbuka, perusahaan-perusahaan yang terlibat dapat berkolaborasi dalam proyek-proyek yang bertujuan untuk mengurangi emisi dan meningkatkan kesadaran sosial terhadap krisis iklim. Real Betis ingin menjadi panutan bagi para fans sepak bola dan berupaya menggunakan jangkauan olahraga yang luas untuk membantu mendorong masa depan yang lebih berkelanjutan.

Lebih lanjut, Real Betis baru-baru ini juga melakukan langkah besar dengan menjadi klub yang karbon netral, setelah menghitung dan mengurangi emisi gas rumah kacanya. Real Betis juga terlibat dalam proyek penurunan emisi, yang melibatkan 25 turbin angin di Guanacaste, Kosta Rika.

Berbicara terkait capaian ini, CEO Real Betis, Ramón Alarcón, melalui media resmi klub mengatakan: “Mencapai posisi kedua dalam peringkat keberlanjutan Brand Finance memberi kami kekuatan untuk terus bekerja seperti yang telah kami lakukan selama ini dengan ‘Forever Green’, di tingkat sosial melalui Real Betis Foundation dan juga di tingkat bisnis dengan menerapkan praktik-praktik yang baik. Ini membuat kami bangga berada di posisi itu.”

Hasil laporan Brand Finance juga menyoroti upaya yang telah dilakukan oleh Real Madrid, yang berada di peringkat ketiga dengan skor ESG 79 dari 100. Los Blancos telah terus meningkatkan kebijakan pelindungan lingkungan, menjadikan ini komponen penting dari upaya keberlanjutan klub. Mereka juga telah mempromosikan serangkaian inisiatif lainnya untuk mengurangi dampak aktivitas klub terhadap sumber daya alam.

Di antara fokus utama proyek lingkungan Real Madrid adalah daur ulang material dan air. Melalui kerja sama dengan Ecoembes, klub telah menerapkan sistem pengumpulan, pengangkutan, dan pengolahan limbah, yang melampaui pedoman yang ditetapkan oleh Uni Eropa.

Dalam hal konsumsi air, seluruh konsumsi air tahunan untuk lapangan sepak bola dan taman hias kompleks olahraga Real Madrid berasal dari jaringan air daur ulang Dewan Kota Madrid, dengan pemanfaatan air hujan dan drainase lapangan.

Sementara untuk Real Sociedad, mereka menarik perhatian berkat inisiatif unik yang disebut 'Sareak' (kata untuk 'Jaring', dalam Bahasa Basque). Ini dilakukan bekerja sama dengan bagian kegiatan bawah laut klub dan berbentuk proyek ekonomi sirkular dengan penyelamatan limbah jaring dari dasar laut dan dari pelabuhan Gipuzkoa, sebelum didaur ulang dan diubah menjadi jaring gawang sepak bola.

Tidak hanya melalui proyek ‘Sareak’, keberlanjutan adalah elemen fundamental bagi Real Sociedad secara umum dan merupakan komponen kunci dari banyak tindakan klub. Ini termasuk proyek-proyek yang berkaitan dengan infrastruktur baru, dengan Real Sociedad sedang mengerjakan desain yang lebih berkelanjutan untuk kendaraan dan transportasi di kompleks olahraganya, dan juga termasuk proyek peningkatan kesadaran, yang berdampak langsung pada semua orang di sekitar Real Sociedad.

Salah satu contoh yang jelas adalah kampanye bertajuk ‘Reale Arenatik Gipuzkoako baratzetara’ (yang berarti ‘From the Reale Arena to the Gardens of Gipuzkoa’).

Dengan kampanye ini, pada musim 2019/20, 1.900 kilo kulit dari kacang yang dikonsumsi di tribun Reale Arena selama pertandingan dikumpulkan dan digunakan untuk membuat kompos berkualitas yang menyuburkan kebun sayur di taman Kutxa Fundazioa.

Menyusul keberhasilan inisiatif ini, klub memutuskan untuk memperluas proyek di sekitar Gipuzkoa, membawa kompos dari kulit kacang ini ke kebun sayur di enam kota berbeda dan, oleh karena itu, menciptakan siklus yang lebih baik.

LaLiga Breaking News Real Madrid
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.572

Bagikan