BolaSkor.com - Lionel Messi dan Barcelona sudah berpisah pada musim panas lalu. Namun berbagai cerita kehebatan sang megabintang Argentina itu bersama Blaugrana terus dikenang.

Salah satunya baru saja diungkapkan pelatih Barcelona, Ronald Koeman. Ia menceritakan perilaku tak biasa Messi dalam sesi latihan.

Messi sudah mempersembahkan berbagai gelar bergengsi untuk Barcelona. Namun ia tak pernah melahap sesi latihan dengan main-main.

Baca Juga:

Awal Musim 2021-2022: Cristiano Ronaldo 4-0 Lionel Messi

Berani Ganti Messi, Pochettino Abaikan Petuah Guardiola

Lionel Messi Bukan Alien di PSG

Lionel Messi dan Ronald Koeman

“Saya tahu betapa bagusnya Messi, tapi tetap menyenangkan untuk melihatnya dari dekat setiap hari. Segala sesuatu yang ingin Anda ajarkan kepada seorang pesepak bola dalam hal mengenali situasi, mengambil bola di bawah tekanan, kecepatan, dan penyelesaian," kata Koeman kepada Voetbal International.

"Dengan Messi semua nilainya 10, tidak normal. Ketika kami melakukan latihan finishing saat latihan, terkadang ada pemain yang mulai memukul bola dengan mudah, sedikit main-main, tapi Messi langsung boom, boom, boom, boom (menembak keras)."

Koeman juga mengungkapkan jiwa kompetitif Messi dalam sesi latihan. La Pulga tidak akan suka dikalahkan dalam hal apa pun.

"Selama bertahun-tahun, Messi dengan para pemain yang lebih tua hanya kalah sekali dalam latihan melawan tim pemain muda. Messi sangat marah selama seminggu, dia sungguh seorang raja," tambahnya.

Efek Kepergian Messi

Koeman juga tak menampik kepergian Messi memberikan efek besar bagi skuat Barcelona. Hal itu bahkan bisa dirasakan dalam sesi latihan.

Ia melihat para pemain muda kehilangan seorang panutan. Gairah mereka untuk tampil maksimal pun sedikit menurun.

"Suatu hari saya melihat tembakan Ansu Fati melebar tiga meter hanya karena kurangnya konsentrasi. Dia tidak akan melakukan itu jika Messi masih ada di sini," kenang Koeman.