BolaSkor.com - Premier League 2020-2021 telah resmi berakhir. Manchester City mengunci gelar liga, sementara mereka dengan Manchester United, Chelsea, dan Liverpool lolos ke Liga Champions, lalu Fulham, West Bromwich Albion, dan Sheffield United degradasi.

Perjalanan musim yang panjang dan dilalui tanpa kehadiran penonton di tengah pandemi virus corona. Begitu banyak drama terjadi dan salah satu yang dinanti di akhir musim adalah pemenang penghargaan Sepatu Emas Premier League.

Seperti halnya musim lalu kala penghargaan itu dimenangi striker lokal, Jamie Vardy dengan 23 gol dari 35 laga, kali ini pemenangnya juga berasal dari Inggris. Dia adalah striker Tottenham Hotspur, Harry Kane.

Baca Juga:

Harry Kane Curhat Ingin Tinggalkan Tottenham

5 Megatransfer yang Berpotensi Terjadi pada Musim Panas 2021

Duo Manchester dalam Pusaran Rumor Transfer Harry Kane

Harry Kane

Pada pekan terakhir Premier League melawan Leicester City di King Power Stadium, Minggu (23/05) malam WIB, Tottenham menang 4-2 dari gol Harry Kane (41'), bunuh diri Kasper Schmeichel (76'), dan dua gol Gareth Bale (87' 90+6').

Satu gol dari Harry Kane itu sudah cukup menjadikannya top skorer Premier League dan memenangi penghargaan Sepatu Emas Eropa. Kane mencetak 23 gol di Premier League di atas Mo Salah (22 gol) dan Bruno Fernandes (18 gol).

Kane (27 tahun) kini telah melalui catatan 20 gol per musim Premier League sebanyak lima kali dalam tujuh tahun terakhir, pertama kali sejak musim 2017-2018. Kane telah tiga kali memenangi penghargaan Sepatu Emas Premier League.

Dikutip dari Opta kini Kane menyamai ikon Inggris, Alan Shearer yang juga legenda Newcastle United dengan memenangi hat-trick Sepatu Emas Premier League.

"Dengan senang hati memenangi penghargaan-penghargaan ini! Tidak mungkin (memenanginya) tanpa tim dan juga staf sepanjang musim," ucap Kane di Twitter @HKane.

Tidak hanya Sepatu Emas tapi juga penghargaan Playmaker diraih Kane yang juga memberikan 14 assists musim ini. Itu memperlihatkan kualitas lengkap kapten timnas Inggris sebagai penyerang: dapat mencetak gol dan memberi assist.

Kane sudah membela Tottenham sejak dari akademi (2004-2009) dan promosi hingga berkembang pesat di tim utama. Dengan status striker top Eropa tapi tak jua memenangi trofi, Kane diisukan hengkang di musim panas mendatang.

Berikut 10 besar top skorer Premier League 2020-2021:

1. Harry Kane - Tottenham Hotspur (23 gol)
2. Mohamed Salah - Liverpool (22 gol)
3. Bruno Fernandes - Manchester United (18 gol)
4. Son Heung-min - Tottenham Hotspur (17 gol)
5. Patrick Bamford - Leeds United (17 gol)
6. Dominic Calvert-Lewin - Everton (16 gol)
7. Jamie Vardy - Leicester City (15 gol)
8. Ollie Watkins - Aston Villa (14 gol)
9. Alexandre Lacazette - Arsenal (13 gol)
10. Ilkay Gundogan - Manchester City (13 gol)