BolaSkor.com - Pandemi virus corona belumlah berakhir. Namun Bundesliga musim 2020-2021 membuka peluang menggelar pertandingan dengan penonton.

Pertengahan Mei lalu, Bundesliga menjadi liga elite Eropa pertama yang kembali bergulir pada masa pandemi meski digelar secara tertutup. Mereka menjadi pionir sehingga kompetisi-kompetisi lain seperti Premier League, LaLiga, dan Serie A mengikuti langkah serupa.

Kini Bundesliga ingin menjadi kompetisi Elite Eropa pertama yang menggelar pertandingan dengan penonton. Hal itu ingin diwujudkan saat musim 2020-2021 mulai bergulir pada 18 September mendatang.

Baca Juga:

Robert Lewandowski Lebih Suka Dilatih Jurgen Klopp ketimbang Pep Guardiola

Sejumlah Statistik Menarik dari Juara Bertahan Bundesliga Delapan Kali Beruntun, Bayern Munchen

Statistik Tekel hingga Gol Terbanyak di Akhir Bundesliga 2019-20

Operator Bundesliga (DFL) telah mengadakan pertemuan dengan perwakilan klub peserta untuk membahas hal ini. Mereka akan mengeluarkan protokol ketat yang harus dipatuhi semua klub dan suporternya.

Salah satu isi protokolnya adalah membatasi jumlah penonton di stadion. Suporter tim tamu juga akan dilarang hadir dalam laga tandang.

Tiket pertandingan yang dijual juga harus memuat data lengkap penonton. Hal ini untuk memudahkan penanganan andai ada yang terinfeksi virus corona.

"Klub profesional akan memastikan dalam pertandingan mereka bahwa jika terjadi infeksi (virus corona), identitas dan detail kontak pengunjung stadion yang mungkin dan akhirnya terkena dampak dapat diketahui," bunyi pernyataan resmi DFL.

"Ini didasarkan pada pertimbangan bahwa otoritas kesehatan setempat hanya dapat menghentikan rantai infeksi yang ada lebih awal dan efektif jika mereka dapat dengan cepat mengidentifikasi dan menghubungi orang-orang yang relevan."

Selain itu DFL untuk sementara akan mengubah sejumlah tradisi dan budaya suporter Jerman. Beberapa contohnya adalah penutupan tribun berdiri dan pelarangan bir dan minuman beralkohol di stadion.

Jerman merupakan salah satu negara yang masih mempertahankan tribun berdiri di mayoritas stadionnya. Namun menyaksikan pertandingan dengan cara itu pada masa pandemi tidak memungkinkan karena adanya aturan jaga jarak.

Menyaksikan pertandingan sambil meminum bir juga merupakan sebuah tradisi dalam sepak bola Jerman. Namun kebiasaan ini akan dilarang setidaknya hingga 31 Oktober.

Meski begitu, Bundesliga tidak bisa begitu saja menggelar pertandingan dengan penonton. Setiap klub harus mendapat izin dari pemerintah dan otoritas kesehatan publik setempat.