BolaSkor.com - Bundesliga 2019-20 telah mencapai puncaknya dan berakhir dengan keberhasilan Bayern Munchen menjuarai titel untuk kedelapan kali beruntun (titel Bundesliga ke-30). Kendati terkesan monoton dengan dominasi Bayern yang sangat kuat, Bundesliga tetap menjadi liga top Eropa.

Sederet statistik dan penampilan pemain-pemain muda menjadi nilai plus dari Bundesliga. Penghuni empat tim teratas adalah Bayern Munchen (82 poin), Borussia Dortmund (69 poin), RB Leipzig (66 poin), dan Borussia Monchengladbach (65 poin).

Keempat tim itu akan bermain di Liga Champions musim depan. Sedangkan untuk dua tim yang degradasi adalah Fortuna Dusseldorf (30 poin) dan Paderborn (20 poin). Keduanya kembali turun kasta setelah promosi musim lalu.

Union Berlin selamat dari degradasi dan saat ini menduduki peringkat 11 klasemen dengan raihan 41 poin. Lalu Werder Bremen yang ada di peringkat 16 klasemen akan memainkan play-off untuk menentukan mereka bertahan di Bundesliga atau degradasi ke Bundesliga 2.

Baca Juga:

Sentuhan Emas Hansi Flick di Bayern Munchen yang Berbuah Titel Bundesliga ke-30

Robert Lewandowski, Cerita Batal ke Blackburn Rovers, dan Pernah Dilepas Klub karena Kekurusan

5 Pemain Kunci Bayern Munchen di Balik Keberhasilan Meraih Titel Bundesliga ke-30

Hal menarik lainnya dari akhir Bundesliga 2019-20 adalah posisi terakhir untuk pemain paling banyak melakukan hal-hal tertentu. Dirangkum dari Squawka tiga hal di antaranya adalah tekel terbanyak, gol terbanyak, dan penyelamatan terbanyak.

Tekel terbanyak dicatatkan oleh gelandang RB Leipzig berusia 23 tahun, Konrad Laimer. Pemain timnas Austria melayangkan 91 tekel dari total 29 laga Bundesliga dengan catatan dua gol dan enam assists. Laimer adalah pemain andalan Julian Nagelsmann di lini tengah Leipzig.

Konrad Laimer

Sementara untuk penyelamatan terbanyak dimiliki oleh penjaga gawang asal Swiss, Yann Sommer. Kiper berusia 31 tahun tampil 34 kali dengan Gladbach dengan catatan penyelamatan 119 kali. Sommer membantu tim finish di urutan empat klasemen dengan jumlah kebobolan gol Gladbach sebanyak 40 kali.

Lalu untuk jumlah gol terbanyak ditorehkan oleh striker Bayern, Robert Lewandowski. Pada usia 31 tahun dia tetap prima dan telah menorehkan 34 gol di Bundesliga - terpaut enam gol dari rekor gol Gerd Muller.

Berikut statistik lengkapnya dari akhir Bundesliga 2019-20:

1. Gol terbanyak: Robert Lewandowski 34 gol
2. Assists terbanyak: Thomas Muller 21 assists
3. Pencipta peluang terbanyak: Thomas Muller 84 peluang
4. Tekel terbanyak: Konrad Laimer
5. Duel satu lawan satu terbanyak: Alphonso Davies 83 kali
6. Paling banyak lakukan pelanggaran: Lucas Holer 79 kali
7. Penyelamatan terbanyak: Yann Sommer 119 kali
8. Paling banyak menyentuh bola di kotak penalti lawan: Robert Lewandowski 272 kali
9. Akurasi umpan terbanyak di pertahanan lawan: Jadon Sancho 718 kali