Sang Ayah Blokir Kepergian Wonderkid Barcelona ke Man City

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 14 Maret 2021
Sang Ayah Blokir Kepergian Wonderkid Barcelona ke Man City
Ilaix Moriba (Twitter)

BolaSkor.com - Mamady Kourouma, ayah dari Ilaix Moriba menuturkan putranya nyaris meninggalkan Barcelona pada 2019 ke Manchester City. Kourouma mengaku memblokir putranya itu agar Moriba bisa berkembang di Barcelona.

Moriba (18 tahun) produk akademi La Masia yang kerap dibandingkan dengan gelandang Manchester United Paul Pogba. Pada 2019 lalu Barca sempat kesulitan memberinya kontrak profesional.

Momen itu dimanfaatkan Man City besutan Pep Guardiola untuk membujuknya datang. Proyek yang diberikan menarik tapi Kourouma menilai bertahan di Barcelona lebih baik bagi pemain kelahiran Conakry, Guinea pada 19 Januari 2003 itu.

Baca Juga:

Profil Ilaix Moriba, Penata Rambut Barcelona dengan Klausul Pembelian 100 Juta Euro

Ilaix Moriba dan Tendangan Jarak Jauhnya

6 Pemuda dengan Potensi Jadi Tulang Punggung Barcelona di Masa Depan

Ilaix Moriba

"Dengan Barca, negosiasi (atas kontrak profesional pertama Moriba) tidak berlanjut. Kami bertemu dengan Txiki Begiristain (Direktur Olahraga Man City) dan dia menjelaskan keseluruhan proyeknya kepada kami," tutur Kourouma kepada Sport-English.

"Kami menyukainya karena mereka banyak bertaruh padanya. Beberapa minggu kemudian kami memiliki tiket untuk pergi ke Manchester dan menandatangani kontrak."

"Saya batalkan pagi kami harus pergi ke sana. Saya ingin Ilaix menjadi contoh dan referensi bagi generasi Barca selanjutnya."

"Teman-temannya telah pergi. Jika dia bertahan, itu adalah bukti bahwa Barca bertaruh pada pemain muda. Kami berhasil mencapai kesepakatan saat kami semua keluar sebagai pemenang," terang Kourouma.

Mengapa Ilaix Moriba spesial?

Memulai debut pada 21 Januari 2021 kontra Cornella di Copa del Rey, Ilaix Moriba juga diberikan debut oleh Ronald Koeman di tim utama Barcelona pada ajang Liga Champions pada Maret 2021 melawan PSG (Paris Saint-Germain).

Barca memberikan klausul 100 juta euro kepadanya dan gaji 500.000 euro per tahun. Itu sudah menjadi bukti keyakinan Barca akan prospek masa depan Ilaix Moriba.

Ilaix Moriba memiliki gaya bermain campuran dari filosofi La Masia dan permainan fisik. Sebagai gelandang kemampuannya komplit meski ia masih harus mengembangkannya di level yang lebih tinggi seiring bertambahnya jam bermain.

Breaking News Barcelona FC Barcelona Manchester City Ilaix Moriba
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan