Sapu Bersih Seri 2 Liga 1, Pelatih Persib Sampaikan Perbandingan

Frengky AruanFrengky Aruan - Jumat, 05 November 2021
Sapu Bersih Seri 2 Liga 1, Pelatih Persib Sampaikan Perbandingan
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts. (Media Persib)

BolaSkor.com - Persib Bandung menorehkan hasil sempurna usai mengalahkan Persela Lamongan 3-1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Kamis (4/11).

Selain memperpanjang tren belum pernah kalah, tim berjulukan Maung Bandung ini menjadi satu-satunya tim yang berhasil menyapu bersih seri kedua Liga 1 2021/2022 dengan kemenangan.

Alhasil, Persib kini kembali menempati puncak klasemen sementara dengan perolehan 25 poin dari 11 pertandingan yang telah dilakoni.

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts mengatakan pencapaian yang telah ditorehkan timnya ini tentunya melalui sebuah rencana. Terlebih, kompetisi Liga 1 2021/2022 digelar dengan cara tiba-tiba.

Baca Juga:

Kalahkan Persela 3-1, Robert Alberts Sebut Persib Masih Kurang Tajam

PSIS Bidik Kemenangan atas Borneo FC, Ini Kuncinya bagi Wallace Costa

"Kita sedikit mundur ke belakang karena sepak bola itu adalah tentang rencana. Ketika kami mendengar kabar Liga akan dimulai lagi, itu masih di masa PPKM dan kami saat itu tidak mempunyai lapangan untuk latihan. Persib tidak bisa berlatih, sedangkan beberapa tim lainnya mempunyai kesempatan untuk melakukan persiapannya," ungkap Robert Rene Alberts usai pertandingan melawan Persela.

Pelatih asal Belanda ini mengaku saat itu timnya baru bisa berlatih bersama, tepat dua pekan sebelum kompetisi dimulai. Menurutnya, tidak mudah untuk menghadapi situasi tersebut lantaran kompetisi sudah tidak berjalan selama 1,5 tahun akibat pandemi COVID-19.

"Dan jika tidak bermain di ajang kompetitif selama 1,5 tahun, waktu persiapan dua pekan tentu saja tidak cukup untuk memainkan Liga," katanya.

Selain itu, Robert Rene Alberts mengatakan bahwa beberapa pemainnya baru masuk ke dalam tim. Bahkan, beberapa di antaranya belum pernah bermain bersama satu sama lain.

"Saya sudah menyatakan berkali-kali bahwa enam laga di awal seperti pramusim. Bukan hanya bagi kami tapi juga untuk beberapa tim lain juga."

"Ketika kami memulai, dua striker utama kami juga belum siap sepenuhnya, karena cedera dialami striker asal Brasil kami (wander Luiz) di Piala Menpora dan lama tidak berlatih. Lalu striker asal Belanda (Geoffrey Castillion) menyusul tiba dari Belanda karena ada keperluan pribadi. Jadi kami melakukan persiapan tanpa striker yang sesungguhnya," tuturnya.

Pelatih berusia 65 tahun ini bisa membuktikan bahwa di enam pertandingan seri pertama, Persib tidak menghasilkan permainan yang baik. Yakni dengan meraih dua kali menang dan empat kali hasil imbang.

"Jadi itu bisa dengan jelas menunjukkan enam laga awal adalah waktu membentuk pondasi di dalam tim, membentuk tim yang solid. Pondasi sudah terbentuk dan setelah itu striker kami juga sudah kembali dari cedera dan dalam kondisi bugar."

"Jadi kami sudah lebih siap setelah series pertama, tahu apa yang harus dilakukan untuk menghadapi series kedua, tahu apa yang harus ditekankan. Itu perbedaan antara series pertama dan kedua, kami memanfaatkannya sebagai pramusim dan tahu apa yang harus dilakukan. Melihat hasil yang didapat, kami tidak terkejut karena kami bekerja dengan itu dan sudah merencanakan itu," bebernya.

Tidak hanya itu, lanjutnya, Persib perlu membangun chemistry di dalam tim. Sehingga dibutuhkan waktu untuk membuat pemain mengenal satu sama lain, baik itu di dalam maupun luar lapangan.

"Dan meskipun ketajaman striker sudah kembali tapi kami belum merasa puas. Sebagai tim pelatih, kami mencoba membuat tim lebih baik dan menjadi lebih kuat di masa yang akan datang karena itu bagian dari pekerjaan."

Baca Juga:

Persela Dikalahkan Persib, Fokus Iwan Setiawan Ikut Buyar

Terancam Tanpa Jose Wilkson, Persebaya Waspadai Fortes

"Tapi biarkan saya menyatakan dengan jelas bahwa tim pelatih termasuk departemen penjaga gawang membangun pondasi di dalam tim. Dan di series kedua ini kalian bisa melihat hasilnya. Tapi bisa ditanyakan juga kepada pemain, karena kami tim pelatih selalu mendengarkan pemain. Karena ada hubungan yang baik antara pelatih dan pemain yang bisa menjadi kunci sukses dan itu yang kami rasakan di Persib. Ada hubungan yang terbuka dan jujur antara pemain dan pelatih," jelasnya.

Disisi lain, bek Persib, Victor Igbonefo mengungkapkan rasa senangnya dengan pencapaian yang telah diraih timnya. Menurutnya, ini sesuai dengan target timnya.

"Tentu aku senang karena sebelum kita ke sini ada tujuan dan kita dapat tujuan itu. Ini pencapaian yang bagus untuk lebih percaya diri melangkah ke seri tiga, aku senang. Tapi kita tidak boleh puas, kita harus kembali dan mulai kerja lagi dan dapat lebih bagus lagi dari hasil sekarang ini," tandas Victor Igbonefo. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Persib Bandung Liga 1 Robert Rene Alberts Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan