BolaSkor.com - Memilih sepatu basket bisa gampang-gampang susah. Banyak jenis yang ada di pasaran dengan harga beragam. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Salah satu hal yang menjadi pertimbangan adalah jenis lapangan basket, dalam ruang (indoor) atau luar ruang (outdoor). Pertimbangan ini memang acap terlupakan, namun terbilang krusial.

Pasalnya lapangan outdoor dan indoor punya karakter tersendiri yang tentunya harus disesuaikan dengan tipe sepatu. Bahkan kedua lapangan juga sebenarnya masih bisa lagi dibagi, tergantung jenis permukaannya.

Baca juga:

Sebelum Order, Kenali Jenis-Jenis Jersey Sepak Bola di Pasar Indonesia

5 Hal Menarik yang Bisa Jadi Belum Diketahui Mengenai Sosok Zinedine Zidane

5 Catatan Menarik Mengenai Wonderkid Brasil Milik Barcelona, Gustavo Maia

Apakah harus memiliki dua sepatu yang diperuntukkan indoor dan outdoor? Tidak juga. Banyak sepatu yang memiliki performa apik saat digunakan indoor dan outdoor.

Di tengah pandemi Covid-19, kebanyakan lapangan indoor masih ditutup dan lapangan outdoor pun menjadi pilihan. Berikut beberapa hal yang perlu diingat dalam mencari sepatu basket yang tepat untuk outdoor.


1. Jenis Karet Outsole

Karet outsole biasanya berasal dari material solid rubber atau translucent rubber (karet transparan). Kepadatan material karet menjadi unsur penting yang memengaruhi performa permainan pada masing-masing jenis lapangan.

Sepatu dengan karet outsole lentur punya daya traksi yang baik pada lapangan indoor, namun pada arena outdoor daya tahannya sungguh buruk (mudah menipis).

Untuk bermain basket outdoor, lebih baik pilih sepatu dengan karet outsole berbentuk kaku dan keras dengan kepadatan lebih tebal. Cara mudah untuk mengetahui informasi karet outsole bisa dilihat pada bagian tag.
Sepatu Nike biasanya memiliki karet yang ekstra padat dan mendapat tag ‘XDR’ (Extra Durable Rubber).


2. Pola Outsole

Sepatu basket yang berdaya tahan lama biasanya memiliki pola karet outsole yang datar dan tebal. Inilah jenis sepatu basket yang cocok untuk digunakan pada lapangan basket outdoor. Ini mengingat lapangan outdoor biasanya memiliki tekstur permukaan yang keras dan kasar.

Sedangkan karet outsole berpola agresif dan lancip cocok untuk permainan basket di lapangan kayu (indoor) karena memiliki daya tarik yang lebih baik. Kalau sepatu dengan jenis karet ini dikenakan pada lapangan outdoor, pola dan tekstur karet bisa cepat menipis bahkan rusak.


3. Material Sepatu

Material menjadi salah satu faktor yang perlu diperhatikan ketika memilih sepatu basket sesuai jenis lapangannya. Bagian upper sepatu adalah fokus utama, materialnya harus dipastikan berdaya tahan maksimal demi mendukung performa dalam permainan. Biasanya, sepatu yang menggunakan bahan plastik atau synthethic leather memiliki daya tahan lebih kuat.

Sepatu berbahan seperti itulah yang cocok untuk dipakai di arena outdoor. Sedangkan sepatu berbahan baku alami (seperti kulit atau suede), meskipun memiliki tampilan estetis yang bagus, sesungguhnya tidak memiliki daya tahan yang prima. Sepatu basket berbahan kulit atau suede ini bisa dikenakan untuk bermain di arena indoor.


4. Ventilasi Sepatu

Jika mencari sepatu basket untuk bermain di lapangan outdoor, pilihlah yang dilengkapi sistem ventilasi yang baik. Saat bermain basket outdoor, suhu udara akan lebih ekstrem daripada di dalam ruangan. Sepatu dengan sistem ventilasi yang baik akan membuat sirkulasi udara dan suhu dalam sepatu lebih stabil.

5. Bantalan atau Cushion

Terkadang terlewatkan saat memikirkan sepatu basket outdoor, tetapi bantalan menjadi aspek yang harus dipertimbangkan.

Saat bermain di luar ruangan permukaan cenderung solid. jadi pastikan sepatu memiliki bantalan yang layak agar lutut tidak cepat ngilu. Setiap orang memiliki preferensi dalam hal bantalan, jadi apapun pilihanny pastikan sepatu memiliki banyak hal.

Misalnya untuk bantalan Zoom Air, pastikan panjangnya penuh. Atau paling tidak tumit dan kaki depan. Jika menyukai busa yang bagus, pastikan itu adalah jenis busa yang kenyal.