BolaSkor.com - Pada laga terakhir musim, banyak klub yang memakai jersey yang bakal diusung musim depan. Tanda juga bagi suporter, saatnya melengkapi koleksi jersey teranyar.

Setiap musim, selalu ada model jersey terbaru. Bagi klub, jersey merupakan salah satu sumber pendapatan terbesar. Namun tentu saja tidak semua bisa membeli jersey original. Apa yang disebut versi KW jadi alternatif.

Dipasaran, sering sekali mendengar istilah-istilah ORI dan KW. ORI biasa disebut untuk produk yang asli, sedangkan KW adalah sebutan untuk barang tiruannya.

Untuk kategori KW, terbagi lagi beberapa jenis. Hal ini tergantung pada tingkat kemiripan dengan aslinya seperti, KW Perfect, KW Super, dan KW AAA (A3).

Baca juga:

5 Hal Menarik yang Bisa Jadi Belum Diketahui Mengenai Sosok Zinedine Zidane

5 Catatan Menarik Mengenai Wonderkid Brasil Milik Barcelona, Gustavo Maia

Iker Casillas, Kiper Terbaik Real Madrid yang Dipaksa Pensiun karena Serangan Jantung

1. KW

Jenis jersey KW adalah baju bola yang memiliki kasta paling rendah dan banyak dijual dipusat perbelanjaan kelas C.

Harga yang ditawarkan supermurah, sekitar Rp60–150 ribu. Masalahnya, kualitasnya sangat jauh dari yang asli. Dilihat dari jauh pun bisa diketahui bahan yang digunakan tidak berkualitas.

Ditambah lagi dengan jahitannya kasar dan sablonan asal-asalan. Disarankan bila kamu pendukung sejati klub, jangan membeli jersey jenis ini.


2. Grade AAA

Jersey replika yang beredar di Indonesia umumnya dibuat oleh pabrikan Thailand. Dengan tingkat kemiripan dan kualitas bahkan mencapai 95 persen.

Kualitas bahan, tag, dan kantung plastik pelindung menyerupai asli dan pengerjaannya angat rapi. Namun para penggila jersey jelas tidak akan tertipu dengan baju berjenis AAA ini karena ada detail-detail khusus pada kostum asli yang tidak bisa disamai.


3. Supporter Version

Jersey ini merupakan produk asli keluaran pabrikan yang disediakan vendor klub dan resmi dilisensi oleh tim bersangkutan.

Namun, kastanya paling rendah dan dibuat untuk dipakai penonton di stadion. Desainnya berbeda secara detail dengan yang digunakan para pemain.


4. Replica

Kebanyakan jersey yang dijual di outlet resmi adalah original Replica, bukan spesifikasi jersey yang dipakai oleh pemain. Bentuk dan detailnya serupa dengan yang digunakan pemain di lapangan.


5. Player Issue

Pada Player Issue, jersey ini memiliki semua detail yang ada pada jersey yang dipakai pemain di lapangan ada.

Seperti pada jersey keluaran Nike yang memiliki Seamless (tanda T di bagian pundak), Laser Cut (lubang-lubang udara kecil di sisi samping jersey), dan pada Adidas memiliki Tech-Fit (terdapat seamless di bagian belakang).

Namun, nama, nomor punggung, dan patch pertandingan belum tersedia di kostum ini. Harganya berkisar Rp1,5 juta-2,5 juta.


6. Match Worn

Jersey jenis ini adalah level tertinggi dari semua yang versi orisinal karena pernah digunakan oleh pemain untuk bertanding. Harganya? Variatif dan bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Untuk saat ini tidak terlalu sulit untuk mendapatkan jersey orisinal. Selain gerai resmi produsen olahraga, banyak toko daring yang menjual dengan memberikan jaminan keaslian. Atau bisa juga membeli langsung lewat toko online resmi klub.