BolaSkor.com - Di masa kompetisi Premier League terhenti, Christian Pulisic mengenang kembali perjalanan kariernya. Pemain Chelsea asal Amerika Serikat mengungkap betapa besarnya jasa manajer Liverpool Jurgen Klopp.

Christian Pulisic mengatakan akan selalu mengingat jasa dan terus berterima kasih kepada Klopp, pelatih yang membuka jalannya sebagai pemain profesional.

Sebagai pemain muda yang harus merantau jauh ke Jerman, Pulisic harus menghadapi banyak rintangan untuk bisa sampai ke zona nyaman. Hingga akhirnya Pulisic bisa melakoni debut di tim senior Borussia Dortmund saat berusia 17 tahun.

Baca Juga:

Jurgen Klopp Tak Berambisi Datangkan Mbappe Atau sancho

Statistik Bicara, Mohamed Salah Pembelian Pemain Paling Berpengaruh di Liverpool

Hugo Lloris Dukung Liverpool Dianugerahi Gelar Juara Premier League

Menurut Pulisic, semua itu tak lepas dari sentuhan Klopp, pelatih yang memberinya kepercayaan masuk ke dalam skuat utama. Klopp yakin Pulisic memiliki kemampuan meski Dortmund saat itu sudah dihuni banyak bintang macam Marco Reus, Mario Gotze, dan Ilkay Gundogan.

Bahkan, Pulisic sendiri mengaku tidak percaya kariernya bisa begitu cepat melesat. Semua itu karena Klopp memberinya kepercayaan.

"Tidak banyak orang yang menyadari bahwa saya memulai karier dari tim muda. Saya bekerja keras untuk mendapatkan satu kesempatan," ujar Pulisic dikutip dari Goal.

"Saya pergi ke sekolah Jerman di sana. Saya tidak akan pernah lupa bahwa suatu hari berada di kelas dan melihat pesan singkat di telepon. Itu adalah teks dari pelatih tim muda, dia saya berlatih dengan tim utama malam ini."

Pulisic masing teringat bagaimana perasaanya ketika tiba di tempat latihan tim utama untuk pertama kalinya.

"Buat saya yang masih berusia 16 atau 17 tahun, itu seperti tidak nyata. Saat saya akan melakukan pemanasan, di sana ada nama-nama besar. Ada Aubameyang, Marco Reus, Matts Hummels, Mkhitaryan. Mereka yang baru saja masuk final Liga Champions tahun sebelumnya."

Pulisic menyadari, semua yang dialaminya tidak lepas dari peran Klopp. "Saya sangat berterima kasih kepada Klopp yang memberi kesempatan. Saya akan selalu ingat selama hidup. Saya sangat berterima kasih."

Setelah melakoni debut, Pulisic menjalani empat musim tampil bersama tim utama Dortmund. Total, Pulisic tercatat 127 kali tampil dengan sumbangan 19 gol hingga akhirnya hengkang ke Chelsea.